Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penyuntikan Vaksin Covid-19 di Cirebon Disimulasikan 5-7 Januari

Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, akan melakukan simulasi penyuntikan vaksin Covid-19 pada 5-7 Januari 2021 kepada masyarakat di tiga wilayah kabupaten tersebut.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, akan melakukan simulasi penyuntikan vaksin Covid-19 pada 5-7 Januari 2021 kepada masyarakat di tiga wilayah kabupaten tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, mengatakan, simulasi tersebut dilakukan sambil menunggu vaksin diberikan oleh pemerintah pusat.

"Simulasi bakal dilakukan di wilayah barat, tengah, dan timur. Sehingga nanti, kalau vaksin datang kami sudah sangat siap," kata Enny di Kabupaten Cirebon, Rabu (23/12/2020).

Saat ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon terus mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang bertugas sebagai vaksinator. Tercatat, ada 60 vaksinator di 60 puskesmas.

Enny mengatakan, di Kabupaten Cirebon nantinya yang bakal melayani penyuntikan vaksin ada di 60 puskesmas, dua rumah sakit umum daerah (RSUD), satu rumah sakit provinsi, dan delapan rumah sakit swasta.

"Untuk penyuntikan vaksin ini, kami juga bentuk Satgas Vaksinasi Covid-19 yang diketuai langsung oleh Sekretaris Daerah," kata Enny.

Dinas Kesehatan mencatat, sebanyak 1.508.141 orang warga di Kabupaten Cirebon yang terdiri dari 760.109 laki-laki dan 748.032 perempuan bakal menerima vaksin tersebut.

Sebanyak 1,5 juta lebih warga yang bakal mendapatkan vaksin Covid-19 tersebut berusia 18 sampai 59 tahun.

Enny mengatakan, sasaran pertama yang akan mendapatkan vaksin adalah tenaga kesehatan. Tercatat, di Kabupaten Cirebon jumlah tenaga tersebut mencapai 4.000 ribu lebih.

"Selanjutnya, baru pegawai pelayanan publik, lalu TNI-Polri," kata Enny.

Jumlah anggaran yang disiapkan oleh pemerintah untuk penyuntikan vaksin sebesar Rp1 miliar. Enny mengatakan, pemerintah daerah tidak akan dibebankan menggelontorkan anggaran, lantaran ditanggung pemerintah pusat.

Enny mengimbau, kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Cirebon untuk tidak mempercayai pihak rumah sakit atau pelayanan kesehatan lainnya yang menawarkan suntik vaksin berbayar.

"Masyarakat juga jangan takut, ini semua untuk kebaikan bersama," katanya. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper