Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PILKADA SERENTAK: KPU Tasikmalaya Pastikan Seluruh TPS Terapkan Prokes

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat melakukan monitoring dan memastikan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 saat pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tasikmalaya, Rabu (9/12/2020).
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 Desember 2020  |  13:50 WIB
Ilustrasi - Antara
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, TASIKMALAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat melakukan monitoring dan memastikan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan wabah Covid-19 saat pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tasikmalaya, Rabu (9/12/2020).

Komisioner KPU Kabupaten Tasikmalaya Fahrudin mengatakan jajaran KPU Tasikmalaya bersama kepolisian dan unsur forum komunikasi pimpinan daerah meninjau langsung sejumlah TPS di beberapa kecamatan di Tasikmalaya untuk memastikan semuanya berjalan aman sesuai protokol kesehatan.

"Kami KPU Tasikmalaya sudah melakukan monitoring, dan sekarang di TPS Desa Cipakat untuk memastikan kelancaran dalam pemungutan suara sesuai protokol kesehatan," kata Fahrudin.

Ia menyampaikan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi di TPS yakni seluruh masyarakat pemilih harus memakai masker, tersedianya tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan disediakan ruang khusus untuk pemilih yang suhu tubuhnya tinggi.

"Di TPS ada bilik suara, jadi bilik suara itu untuk warga yang suhu tubuhnya di atas 37 derajat Celsius, kita arahkan ke bilik khusus," kata Fahrudin.

Kepala Kepolisian Resor Tasikmalaya AKBP Hendria Lesmana menambahkan pihaknya sudah menerjunkan personel untuk menjaga keamanan dan penerapan protokol kesehatan di TPS.

Hasil peninjauan di lapangan, kata dia, pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar dan sudah menerapkan protokol kesehatan di TPS untuk mencegah penularan Covid-19.

"Alhamdulillah berjalan lancar, kami bersama KPU sudah melakukan pemantauan masalah protokol kesehatan," katanya.

Sejumlah TPS di Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan pemungutan suara dan tampak masyarakat antusias datang ke TPS untuk memberikan hak suaranya.

Salah satunya di TPS peserta Pilkada Tasikmalaya yakni dari calon perseorangan Cep Zamzam memberikan hak suaranya di TPS 02 Desa Sukarame, Kecamatan Sukarame.

Cep bersama keluarganya menyempatkan waktu berziarah ke makam orang tuanya yang berada di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Wafa kemudian datang ke TPS yang tidak jauh dari rumahnya.

"Saya sudah menyalurkan hak pilih sebagai calon bupati sesuai dengan apa yang sedang dan sudah saya usahakan, selebihnya saya pasrahkan kepada Allah SWT," kata Cep Zamzam.

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya periode 2020-2025 diikuti empat pasangan yakni nomor urut 1 Azies Rismaya Mahpud-Haris Sanjaya, pasangan nomor urut 2 Ade Sugianto (petahana Bupati Tasikmalaya)-Cecep Nurul Yakin, pasangan nomor urut 3 Cep Zamzam Dzulfikar Nur-Padil Karsoma, dan pasangan nomor urut 4 Iwan Saputra-Iip Miftahul Faoz.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tasikmalaya Pilkada Serentak

Sumber : Antara

Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top