Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dishub Jabar Genjot Pemasangan Roller Barrier di 2021

Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat terus menambah jumah pemasangan roller barrier atau teknologi silinder putar untuk mengurangi tingkat fatalitas dalam kecelakaan pada 2021.
Roller barrier yang terpasang di salah satu jalan provinsi di Jabar/Istimewa
Roller barrier yang terpasang di salah satu jalan provinsi di Jabar/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG — Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat terus menambah jumah pemasangan roller barrier atau teknologi silinder putar untuk mengurangi tingkat fatalitas dalam kecelakaan pada 2021.

Saat ini sudah terdapat 12 titik yang telah dipasang roller barrier dengan panjang secara keselurhan sekitar 960 meter.

Kepala Dishub Jabar, Hery Antasari, mengatakan, sebanyak 12 titik yang telah dipasang roller barrier tersebut dilakukan pada pada tahu 2018 dan 2019. Pasalnya pada 2020 ini Dishub Jabar tidak melakukan pengadaan dan pemasangan roller barrier karena anggarannya digunakan untuk penanganan Covid-19.

"Pengadaan roll barrier baru dua tahun anggaran, 2018 dan 2019 jadi belum banyak dari kebutuhan yang ada yang seharusnya kita sediakan. Baru 12 titik selama dua tahun anggaran, kurang lebih yang sudah ada itu sekitar 960 meter," ujar Hery, Minggu (29/11/2020).

Rencananya pada 2021 mendatang Dishub Jabar akan memasang roller barrier dengan total sekitar 480 meter di beberapa titik yang dinilai rawan terjadi kecelakaan hingga menimbulkan korban meninggal dunia. Rencananya jalur yang akan dipasang roller barrier diantaranya di jalur Ciater, Cikidang dan cikole.

"Idealnya target kita untuk beberapa tahun kedepan itu 20 persen dari kebutuhan kita sudah roller barrier, kurang lebih 3200 meter, sekarang kan 1300-an itu termasuk untuk 2021 manti. Jadi masih ada PR-nya sekitar 2000 meter," katanya.

Pemasangan roller barrier sangat dibutuhkan terutama di jalur provinsi yang kerap terjadi kecelakaan. Pasalnya dengan roller barrier yang telah dipasang, seperti di tikungan Jalan Raya Cikidang-Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi dan Jalan Raya Cijambe-Jalan Cagak, Kabupaten Subang.

"Dari beberapa kejadian, ada kecelakaan terselamatkan oleh roll barrier zero fatalitas atau meninggal dunia, ini bisa mengurangi," tegas Hery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper