Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kasus Positif Covid-19 Terus Meningkat, Cirebon Gencarkan Tes Usap

Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sampai Rabu (18/11/2020) siang menembus angka 1.721. Peningkatan tersebut hasil dari tes usap massal.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, CIREBON - Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, sampai Rabu (18/11/2020) siang menembus angka 1.721. Peningkatan tersebut hasil dari tes usap massal.

Berdasarkan data dari Pusicov Kabupaten Cirebon, kasus terkonfirmasi mengalami penambahan sebanyak 50 orang dan terjadi di sebagian besar kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Dari total keseluruhan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19, 1.009 orang sudah dinyatakan sembuh, 307 menjalani isolasi mandiri di rumah sakit, dan 225 orang lainnya masih menjalani isolasi mandiri di rumah.

Kepala Bagian Humas Pemkab Cirebon, Nanan Abdul Manan, mengatakan, dari 28 kota/kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten Cirebon menempati posisi teratas dalam pencapaian rasio kontak erat per kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Nanan mengatakan, standar dari WHO, kalau ada satu warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, harus mencari dan menelusuri kontak erat minimal sebanyak 20 orang untuk mengikuti tes swab.

Kabupaten Cirebon menempati posisi pertama dengan rasio kontak 1 berbanding 30 dan posisi kedua, ditempati oleh Kota Banjar, rasio 1 berbanding 25.

"Daerah lainnya hanya rasio 1 berbanding di bawah 20," kata Nanan.

Dalam paya melakukan penelusuran keberadaan Covid-19, Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon pun sampai saat ini masih melakukan tes usap massal yang dilakukan di Kantor Dinas Kesehatan.

Tercatat, tes usap massal yang dilaksanakan di Kabupaten Cirebon sejak pertengahan 2020 sudah dilakukan kepada 29.710 orang.

Angka tersebut pun sudah melampaui standar minimal dari World Health Organization (WHO), yakni satu persen dari total keseluruhan penduduk atau 22.000. (K45)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hakim Baihaqi
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper