Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajah Segitiga Rebana III: Ini Dukungan Nyata Astra Tol Cipali untuk Rebana

Pemegang saham mayoritas Operator Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) PT Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan memastikan dukungan pada rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengembangkan Metropolitan Rebana.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  12:05 WIB
Foto udara ruas jalan tol Cikopo-Palimanan di kawasan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (22/10). Pemegang hak konsesi jalan tol Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (Astra Infra Toll Road Cipali) menyatakan dukungan penuh pada rencana pengembangan infrastruktur kawasan Metropolitan Rebana yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Salah satunya dengan membangun akses tol langsung ke kawasan Aerocity Kertajati. - Bisnis/Rachman
Foto udara ruas jalan tol Cikopo-Palimanan di kawasan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Kamis (22/10). Pemegang hak konsesi jalan tol Cipali, PT Lintas Marga Sedaya (Astra Infra Toll Road Cipali) menyatakan dukungan penuh pada rencana pengembangan infrastruktur kawasan Metropolitan Rebana yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Salah satunya dengan membangun akses tol langsung ke kawasan Aerocity Kertajati. - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, SUBANG — Pemegang saham mayoritas Operator Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) PT Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan memastikan dukungan pada rencana Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengembangkan Metropolitan Rebana.

Presiden Direktur PT Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan Firdauz Azis mengatakan keberadaan Tol Cipali akan menjadi urat nadi penting bagi pengembangan kawasan tersebut. Salah satu dukungan nyata korporasi adalah menuntaskan pembangunan akses tol ke aerocity dan bandara Kertajati, Majalengka.

“Pengembangan wilayah Rebana sangat berkembang pesat. Kami saat ada pembangunan Bandara Kertajati membuka akses lewat pintu tol Kertajati, lalu untuk pengembangan wilayah di (aerocity) Kertajati ada akses langsung,” katanya pada tim Jelajah Segitiga Rebana III Bisnis Indonesia, Kamis (22/10/2020).

Selain itu, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan stakeholder Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang akan mengkoneksikan ruas tol tersebut dengan Tol Cipali. Menurutnya Tol Cisumdawu akan menambah kapasitas penumpang Bandara Kertajati. “Nanti akses Cisumdawu akan bertemu di titik KM 158 Cipali, kita sudah berkoordinasi supaya pembangunan berjalan sesuai rencana,” ujarnya.

Firdaus memastikan dukungan terus ditunjukan lewat pembangunan Jalan tol akses BIJB Kertajati yang merupakan project inisiasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Kementrian PUPR yang sudah direncanakan sejak Mei 2017.

Jalan tol akses menuju BIJB Kertajati terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan mulai dari KM 158+700 dengan panjang jalan sekitar ± 3.7 KM. “Saat ini progress pembangunan akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati masih ditahap awal pekerjaan sekitar 1,7%. Progressnya sedang dilakukan mobilisasi alat untuk proses selanjutnya,” katanya.

Diprediksi pembangunan ini akan rampung selama 12 bulan, dan akan beroperasi di bulan November 2021.

Metropolitan Rebana dalam catatan Bisnis memiliki kelengkapan infrastruktur paling solid dan terpadu baik yang tengah dibangun, direncanakan dan sudah digunakan. Antara lain Tol Cikopo-Palimanan, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Tol Akses Patimban, Tol Akses Aerocity Kertajati, Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, Kereta Bandara, dan Double Track Jakarta-Surabaya. Ditambah sejumlah kota dan kawasan industri baru.

Program Jelajah Segitiga Rebana III digelar lewat dukungan para sponsor mulai dari PLN UID, Surya Semesta Internusa (SSIA), Humas Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Bappeda Jabar, PT MUJ ONWJ, Cardinal, Chitose, Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan, PT BIJB, ASDP, Dinas Pariwisata dan Kebudayan Jabar, Bank BJB, PT Pegadaian, XL Axiata, Robot Biru, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top