Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajah Segitiga Rebana III: Ridwan Kamil Pastikan Infrastruktur Rebana Paling Lengkap

Kawasan Metropolitan Rebana yang meliputi Subang, Majalengka, Cirebon, Sumedang, Indramayu dan Kuningan akan menjadi wilayah primadona investasi beberapa tahun mendatang.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 23 Oktober 2020  |  09:27 WIB
Foto udara lokasi Subang Smartpolitan yang berada di KEK Segitiga Rebana - Bisnis/Rachman
Foto udara lokasi Subang Smartpolitan yang berada di KEK Segitiga Rebana - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, SUBANG—Kawasan Metropolitan Rebana yang meliputi Subang, Majalengka, Cirebon, Sumedang, Indramayu dan Kuningan akan menjadi wilayah primadona investasi beberapa tahun mendatang.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan wilayahnya memiliki dua faktor penting yang membuat investor setiap tahun melabuhkan modal ke provinsi tersebut.

Buktinya, menurut Ridwan Kamil, Jawa Barat (Jabar) masih menjadi destinasi menarik bagi para investor meski dalam situasi pandemi Covid-19.

Selama paruh pertama 2020, Jabar menempati peringkat pertama realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan total Rp57,9 triliun.

Dia memaparkan faktor tersebut antara lain, kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan infrastruktur yang akseptabel menjadi modal Jabar untuk menarik minat investor.

"Jabar memiliki dua keunggulan (dalam sektor investasi), yaitu karena infrastrukturnya paling lengkap dan siap sehingga memudahkan para investor. Dari persepsi mereka (investor), Sumber Daya Manusia Jabar paling produktif," imbuhnya dalam keterangan yang dikutip, Jumat (23/10/2020).

Pelabuhan Patimban yang merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia akan segera diluncurkan penggunaan tahap satu (soft launching) oleh Presiden RI pada November mendatang.

"Maka dalam lima tahun, saat semua pembangunnanya selesai, akan menjadi infrastruktur di Jabar yang luar biasa," ucapnya.

Metropolitan Rebana dalam catatan Bisnis memiliki kelengkapan infrastruktur paling solid dan terpadu baik yang tengah dibangun, direncanakan dan sudah digunakan. Antara lain Tol Cikopo-Palimanan, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, Tol Akses Patimban, Tol Akses Aerocity Kertajati, Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, Kereta Bandara, dan Double Track Jakarta-Surabaya.

Program Jelajah Segitiga Rebana III digelar lewat dukungan para sponsor mulai dari PLN UID, Surya Semesta Internusa (SSIA), Humas Jabar, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Bappeda Jabar, PT MUJ ONWJ, Cardinal, Chitose, Astra Infra Tol Road Cikopo-Palimanan, PT BIJB, ASDP, Dinas Pariwisata dan Kebudayan Jabar, Bank BJB, PT Pegadaian, XL Axiata, Robot Biru, PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top