Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viralkan Odading Mang Oleh, Ade Londok Diberi Ridwan Kamil Hadiah Ponsel

Saat mempromosikan Odading Mang Oleh, Ade Londok (londok adalah sebutan dalam bahasa Sunda untuk hewan Bunglon) membawa-bawa nama Iron Man.
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil memberikan hadiah berupa telepon pintar untuk Ade Londok, seorang warga yang mendadak viral usai mempromosikan makanan Odading Mang Oleh dengan gaya ngegasnya./Antara-Dok.Humas Pemprov Jabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil atau Kang Emil memberikan hadiah berupa telepon pintar untuk Ade Londok, seorang warga yang mendadak viral usai mempromosikan makanan Odading Mang Oleh dengan gaya ngegasnya./Antara-Dok.Humas Pemprov Jabar

Bisnis.com, BANDUNG - Seorang pria bernama panggilan Ade Londok sedang hits dan menjadi viral di Kota Bandung. Berkat vlog yang dibuat pria ini odading atau kue bantal yang dijual Mang Oleh menjadi kian populer.

Lokasi berjualan odading disebutkan Ade Londok dalam vlognya, yakni di dekat Gedung Baranang Siang, sekitar kawasan Kosambi Kota Bandung.

Kocaknya, saat mempromosikan Odading Mang Oleh, Ade Londok (londok adalah sebutan dalam bahasa Sunda untuk hewan Bunglon) membawa-bawa nama Iron Man.

"[Makan] Odading Mang Oleh rasanya Anda seperti menjadi Iron man," begitu promo Ade Londok.

Tak cukup sampai di situ, dia juga menyebut siapa pun yang tidak membeli Odading Mang Oleh berarti bukan teman.

Viralnya promo Odading Mang Oleh membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Kang Emil memberikan hadiah telepon pintar untuk Ade Lonbok.

"Jadi kemarin ada aspirasi kalau sedang ngevlog hp-nya sering copot sekarang saya kasih hadiah hp baru. Silakan dibuka. Hp-nya saya kasih agar bisa ngevlog dengan kualitas yang baik, bahasanya tolong disesuaikan," kata Kang Emil usai mengunjungi warung kue Odading Mang Oleh di Jalan Baranangsiang, Kota Bandung, Rabu (16/9/2020).

Harap maklum, Ridwan Kamil sampai menyentil soal penyesuaian bahasa karena saat mempromosikan Odading Mang Oleh, Ade Londok menggunakan "bahasa jalanan" lengkap dengan aksesoris ungkapan yang akan terasa gatal di kuping mereka yang menghindari penggunaan kata-kata yang kasar.

Di luar pilihan kata Ade Londok, jajanan Odading Mang Oleh mendadak viral di media sosial setelah dipromosikan pria ini dengan gaya "ngegas"nya.

Odading adalah jajanan khas Bandung berupa roti goreng tanpa isi berbentuk kotak atau bulat dengan rasa manis biasanya djadikan teman untuk minum kopi. 

Ridwan Kamil datang ke warung Odading Mang Oleh dengan menggunakan motor bersama istrinya Atalia Praratya. Kedatangan Ridwan Kamil pun langsung disambut Ade Londok serta warga sekitar.

Kang Emil langsung melihat proses pembuatan Odading. Ia terkejut melihat antrean panjang di warung Odading Mang Oleh setelah viral.

Kang Emil ngobrol dengan Ade Londok sang pembuat viral dan menyebut Ade Londok sangat pintar mempromosikan produk lokal lainnya.

Kang Emil pun meminta Ade Londok membantu mempromosikan pelaku usaha kecil lainnya.

"Saat ini saya sedang berada di Jalan Baranangsiang Bandung bersama S3 Marketing Indonesia Mang Ade Londok. Beliau bisa membuat satu produk jadi terkenal salah satunya skil bahasa. Kang Ade ini sedang akan saya tugaskan mempromosikan kuliner Jabar," kata Emil.

Untuk itulah Kang Emil memberikan sebuah gawai demi menunjang aktivitas Ade Londok di dunia maya.

Mendapat hadiah dari Kang Emil, Ade Londok mengaku senang dan membalas hadiah dari Kang Emil dengan sebuah pantun.

"Terima kasih kepada Pak Ridwan Kamil mudah-mudahan sehat selalu, semoga selalu ada dalam keberkahan, semoga sehat dan selalu melestarikan budaya Sunda. Terima kasih Pak Ridwan Kamil," kata Ade Londok.

Lantas ia menutup ucapan terima kasih dengan pantun begini: " Ikan Hiu Pergi ke Sadang Serang, Hidup Ridwan Kamil," kata Ade Londok.

Anda punya pendapat atas pantun Ade Londok di atas? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper