Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kejari Kabupaten Cirebon Tahan Warga Salah Gunakan Traktor Bantuan Pemerintah

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon menahan warga berinisial SJ terkait dugaan praktik korupsi penyalahgunaan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 15 September 2020  |  11:04 WIB
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon menahan warga berinisial SJ terkait dugaan praktik korupsi penyalahgunaan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan). - Bisnis/Hakim Baihaqi
Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon menahan warga berinisial SJ terkait dugaan praktik korupsi penyalahgunaan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan). - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Cirebon menahan warga berinisial SJ terkait dugaan praktik korupsi penyalahgunaan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan).

Kepala Kejari Kabupaten Cirebon, Setyawan Nur Chaliq, mengatakan, SJ ditahan, lantaran menyalahgunakan bantuan alsintan traktor tahun 2018 untuk kepentingan pribadi dengan cara meminta sejumlah uang kepada kelompok tani setia menggunakan alat tersebut.

"Bantuan tersebut sebenarnya gratis untuk petani, namun petani dipaksa dipungut biaya. Jumlah traktor tersebut sebanyak 2 unit, dengan harga Rp650 juta. Kerugian pun masih kami himpun," kata Setyawan di Kabupaten Cirebon, Selasa (15/9/2020).

Dalam kasus dugaan tersebut, kata Setyawan, Kejaksaan Negeri Kabupaten Cirebon sudah menetapkan dua orang tersangka. Selain SJ, pihak pun sudah menahan P yang merupakan kepala UPTD Pertanian Waled.

"SJ ini adalah swasta, sedangkan P merupakan pegawai negeri," katanya.

Setyawan menuturkan, berdasarkan hasil sementara penelusuran yang dilakukan oleh pihak kejaksaan, belum ditemukan adanya tersangka baru dalam kasus tersebut dan akan terus didalami.

Kasie Intel Kejari Kabupaten Cirebon, Wahyu Octaviandi, mengatakan, selama satu tahun terakhir ini pihaknya membongkar dua kejahatan penyalahgunaan alsintan bantuan dari pemerintah pusat.

Kasus pertama, bantuan alsintan dari Kementan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon berupa traktor roda dua dan kasus yang baru ini, penyalahgunaan bantuan Alsintan dari Kementan RI untuk kelompok tani.

Dari kasus yang pertama, Kejari Kabupaten Cirebon sudah menetapkan dua tersangka dan melakukan penahanan. Kasus tersebut pun sudah lama disidangkan di Pengadilan Tipikor Bandung.

Kemudian, kasus yang baru saja terungkap, Kejari Kabupaten Cirebon baru menetapkan tersangka sebagai tahanan kejaksaan. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top