Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Akses Tol Langsung ke Bandara Kertajati Mulai Dibangun

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memulai prosesi groundbreaking pembangunan jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 07 September 2020  |  13:48 WIB
Kendaraan melintas di Tol Cipali, Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020).  - Antara
Kendaraan melintas di Tol Cipali, Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). - Antara

Bisnis.com, BANDUNG — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memulai prosesi groundbreaking pembangunan jalan tol akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka.

Rencananya akses ini akan rampung pada 2021 dimana dari Tol Cipali akan terkoneksi ke Bandara Kertajati.

Group CEO ASTRA Infra, Djap Tet Fa mengatakan, pembangunan tol akses BIJB yang menghubungkan langsung Cipali menuju Bandara Kertajati itu akan semakin mempermudah konektivitas. Sehingga, bisa memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat daerah sekitar.

"Pembangunan tol akses Kertajati ini juga akan melengkapi keberadaan BIJB Kertajati, yang merupakan kebanggaan Jawa Barat dan Maja|engka pada khususnya. Kontribusi ASTRA Infra dalam pembangunan tol akses ini akan menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus bentuk perwujudan filosofi ASTRA, yaitu menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara," katanya dalam keterangan resmi.

Jalan tol akses menuju BIJB Kertajati terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali dimulai dari KM 158+700 dengan panjang jalan sekitar 3,7 kilometer serta lebar lajur 3,6 meter. Tol sendiri, memiliki 4 lajur untuk 2 arah.

Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) Firdaus Azis menjelaskan, proses pengerjaan jalan tol akses BIJB diprediksi bisa rampung dalam 12 bulan.

"Diharapkan pada bulan Juli 2021 dapat digunakan untuk uji coba fungsi dan laik operasi oleh Kementerian PUPR untuk keberangkatan jemaah haji Provinsi Jawa Barat yang berpusat di BIJB Kertajati," katanya.

Sementara, proyek pembangunan tol akses BIJB ini diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Kementerian PUPR yang sudah direncanakan sejak Mei 2017 lalu. Tol yang juga akan terkoneksi dengan Tol Cisumdawu itu menelan biaya sebesar Rp692 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara kertajati
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top