Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

238 Karyawan Positif, LG Hanya Lapor 1 Orang di Sistem Informasi Industri Nasional

Temuan Bisnis dari SIINAS, pihak LG baru memasukkan data mingguan pada izin operasional dan mobilitas (IOM) selama pandemi pada Selasa (25/8/2020) lalu.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  11:21 WIB
Covid-19 - Ilustrasi
Covid-19 - Ilustrasi

Bisnis.com,BANDUNG—Pelaporan LG terkait karyawan pabrik di Cikarang, Bekasi, yang positif Covid-19 lewat Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS) ditenggarai terlambat.

Temuan Bisnis dari SIINAS, pihak LG baru memasukkan data mingguan pada izin operasional dan mobilitas (IOM) selama pandemi pada Selasa (25/8/2020) lalu. Data tersebut biasanya memasukan laporan prosedur dan tahapan (protap) di industri.

Menariknya, data yang seharusnya dilaporkan pada periode 13-19 Agustus lalu baru dilaporkan kemarin. Alhasil temuan 238 karyawan terkonfirmasi positif dalam IOM data yang dilaporkan oleh pihak LG hanya 1 orang positif .

Pabrik LG Cikarang, Bekasi yang mempekerjakan 772 orang karyawan tersebut juga melaporkan hanya 2 orang karyawan yang melakukan kerja dari rumah (work from home) sementara sisanya bekerja sesuai sif setiap hari.

Pabrik tersebut dalam laporan juga menyebutkan sudah menggelar sejumlah protap kesehatan pencegahan Covid-19 seperti pemeriksaan pegawai saat masuk, jaga jarak hingga prosedur mencuci tangan memakai sabun pada karyawan.

Sebelumnya diberitakan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi mengonfirmasi sebanyak 238 buruh di pabrik LG yang berada di kawasan industri MM2100, Cikarang, terpapar virus corona.

Operasional perusahan langsung ditutup selama 14 hari sejak ditemukan klaster baru itu. "Sekarang pasien ada di rumah (isolasi mandiri), dan ada di rumah sakit," kata Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Kabupaten Bekasi, Alamsyah ketika dihubungi wartawan pada Selasa (25/8/2020).

Alamsyah menuturkan klaster baru di pabrik LG Cikarang bermula dari seorang staf kantor yang meninggal dunia di RSUD Pasar Rebo, Jakarta Timur pada 19 Agustus lalu. Pasien itu, terkonfirmasi positif Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top