Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Manfaat Indonesia Terlibat dalam Uji Klinis Kandidat Vaksin Covid-19 Asal China

Corporate Secretary PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto memastikan ada banyak keuntungan yang didapat oleh Indonesia dalam proses uji klinis kandidat vaksin Covid-19 yang dibuat oleh perusahaan asal China, Sinovac Biotech.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 12 Agustus 2020  |  15:52 WIB
Relawan dan Tenaga Kesehatan melakukan simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Bisnis - Rachman
Relawan dan Tenaga Kesehatan melakukan simulasi uji klinis vaksin Covid-19 di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Kamis (6/8/2020). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, BANDUNG -- Corporate Secretary PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto memastikan ada banyak keuntungan yang didapat oleh Indonesia dalam proses uji klinis kandidat vaksin Covid-19 yang dibuat oleh perusahaan asal China, Sinovac Biotech.

Ia menjelaskan, uji klinis fase satu dan dua sudah dilakukan di China. Pada uji klinis fase tiga ini Indonesia melalui Bio Farma mengambil bagian melakukan uji klinis terhadap 1.620 relawan yang dilakukan di Bandung.

Menurut Bambang, keuntungan yang akan didapat oleh Indonesia pada proses finalisasi vaksin Covid-19 ini adalah para ahli bisa langsung melihat reaksi vaksin tersebut terhadap tubuh orang Indonesia.

"Kalau kita melakukan uji klinis di Indonesia justru kita akan melihat vaksin ini efektif tidak di masyarakat Indonesia, dan para ahli juga bisa melihat langsung," jelasnya dalam live instagram Bio Farma.

Dengan begitu, nantinya akan didapat presentase efektivitas dari vaksin tersebut dalam mengatasi pandemi Covid-19.

"Sekarang dari pada vaksin sudah jadi lalu kita impor, bagaimana keyakinan kita bahwa vaksin itu efektif," jelasnya.

Selain itu, dengan keterlibatan Indonesia pada uji klinis fase tiga ini, menurut Bambang, memudahkan BPOM untuk melakukan pengawasan bagaimana reaksi vaksin tersebut untuk tubuh orang Indonesia.

"Itu akan memberikan manfaat kita, memberikan kesempatan para ahli untuk mengawasi secara langsung prosesnya," katanya. (k34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bio farma Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top