Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bio Farma: Produksi Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Masyarakat Indonesia

PT Bio Farma memastikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech jika lulus uji klinis tahap tiga di Kota Bandung akan diprioritaskan untuk didistribusikan kepada masyarakat Indonesia.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 11 Agustus 2020  |  17:41 WIB
Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews
Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews

Bisnis.com, BANDUNG - PT Bio Farma memastikan vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech jika lulus uji klinis tahap tiga di Kota Bandung akan diprioritaskan untuk didistribusikan kepada masyarakat Indonesia.

"Prioritas untuk dalam negeri dulu," kata Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir saat ditemui di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Padjajaran, Jalan Eyckman, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020).

Menurutnya, nantinya akan ada 160 juta masyarakat Indonesia yang diprioritaskan mendapatkan vaksin dimana setiap orangnya membutuhkan dua dosis vaksin.

"Tahun depan itu target ada 160 juta populasi yang harus divaksin, satu orang itu dua dosis, artinya kita harus menyiapkan vaksin 320 juta dosis," kata dia.

Setelah kebutuhan vaksin untuk masyarakat Indonesia terpenuhi, pihaknya kemudian akan mulai berpikir untuk melakukan ekspor vaksin ke negara lain. 

Sejauh ini, pihaknya masih menunggu proses uji klinis ini usai dan perizinan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang ditargetkan selesai pada Januari 2021.

Selain itu, Honesti mengaku sejauh ini Bio Farma memiliki kemampuan produksi sebanyak 100 juta vaksin dalam satu tahun. Lalu pada Desember 2020 mendatang, rencananya akan ada penambahan gedung baru yang mendukung peningkatan kapasitas produksi vaksin sebanyak 150 juta dosis per tahun.

"Yang lagi dilihat Presiden itu gedung baru, itu bisa mendambah 150 juta dosis per tahun, akan selesai Desember. Artinya Desember ini secara kapasitas, kita sudah siap 250 juta dosis," kata Honesti. (k34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bio farma Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top