Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin Covid, Ridwan Kamil Menghitung Hari

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pihaknya secara resmi sudah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin Sinovac Biotech.
Gubernur Jawa Barat./Bisnis-Wisnu Wage Pamungkas
Gubernur Jawa Barat./Bisnis-Wisnu Wage Pamungkas

Bisnis.com, BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pihaknya secara resmi sudah mendaftarkan diri sebagai relawan uji klinis vaksin Sinovac Biotech.

Ridwan Kamil mengatakan pendaftaran sudah dilakukan oleh tim kesehatannya pada tim penguji vaksin beberapa waktu lalu secara online. Menurutnya tanda penerimaan dirinya sebagai relawan pun sudah diterima.

“Bahwa iya mendaftarnya sudah, diterimanya masih belum, menunggu pengumuman dari sisi kesehatan dan lain bahwa saya layak dan siap menjadi relawan,” katanya dalam video yang dikirim pada wartawan, Senin (10/8/2020).

Pihaknya berharap proses pendaftaran dan kepastian dia menjadi relawan lancar. Jika diperbolehkan pihaknya meminta tim menguji sesuai prosedur dan tidak memberikan dirinya keistimewaan. “Kalau tidak [lolos jadi relawan] saya permaklumkan mungkin ada faktor-faktor kesehatan yang diperhatikan,” ujarnya.

Mendaftar menjadi relawan dimaksudkan pihaknya agar rakyat yakin pada proses uji klinis. Menurutnya keikutsertaan pemimpin dalam proses ini menunjukan vaksin diuji secara ilmiah.

“Tidak ada istilah rakyat dikorbankan pemimpinnya saja nggak yakin, masa rakyat harus ikutan. Nggak, semuanya juga ikutan makanya gubernur juga ikutan, kalau berhasil saya sampaikan berhasil untuk produksi. Kalau tidak berhasil saya sampaikan, untuk kita ikhtiar lagi,” paparnya.

Menurutnya pemerintah berupaya menghadirkan yang terbaik termasuk pemberian vaksin lewat proses pengujian tersebut. Dia meminta masyarakat tidak terjebak dalam diskusi yang tidak perlu terkait uji klinis. “Percayakan pada gugus tugas dimana saya sebagai ketuanya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper