Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hai Warga Bandung, Pendaftaran Relawan Uji Klinis Vaksin Corona Bisa Hubungi Nomor Ini

Pendaftaran peserta uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 resmi dibuka mulai Senin (27/7/2020) sampai 31 Agustus 2020.
Ajijah
Ajijah - Bisnis.com 28 Juli 2020  |  16:05 WIB
Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews
Para peneliti di dunia tengah berlomba untuk menciptakan vaksin virus corona (Covid-19) yang efektif. - Euronews

Bisnis.com, BANDUNG - Pendaftaran peserta uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 resmi dibuka mulai Senin (27/7/2020) sampai 31 Agustus 2020.

Dilansir laman resmi Universitas Padjadjaran, Selasa (28/7/2020), pendaftaran bisa dilakukan dengan menghubungi Unit Riset Klinis Departemen Ilmu Kesehatan Anak Lantai 1 RSUP Hasan Sadikin Bandung di telepon 022 – 2034471 atau whatsapp 08112214235.

Untuk pengujian vaksin ini, dibutuhkan sebanyak 1.620 relawan. Dari jumlah tersebut, sekitar 540 orang akan disuntikkan vaksin, sedangkan sisanya akan mendapat cairan plasebo. Penentuan pemberian vaksin atau plasebo pun dilakukan secara acak.

"Bagi yang menerima plasebo akan mendapatkan vaksin Covid-19 setelah vaksin didaftarkan," jelas Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Unpad Profesor Kusnandi Rusmil.

Dijelaskan, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi calon peserta uji klinis. Syarat utama yaitu calon peserta berusia antara 18–59 tahun yang dinyatakan sehat.

Calon peserta juga dinyatakan tidak memiliki riwayat terinfeksi Corona.

Calon peserta tidak memiliki kelainan darah atau riwayat pembekuan darah, tidak memiliki penyakit infeksi lain dan demam, serta tidak memiliki riwayat penyakit gangguan sistem imun. Suhu tubuh calon pendaftar juga tidak boleh melebihi 37,5 derajat Celcius.

Selanjutnya, calon peserta bukan merupakan wanita hamil atau berencana hamil selama periode penelitian, serta tidak sedang menyusui. Calon peserta juga tidak sedang ikut atau akan diikutsertakan dalam uji klinis lain.

"Peserta tidak mendapat imunisasi apa pun dalam waktu 1 bulan ke belakang atau akan menerima vaksin lain dalam 1 bulan ke depan," tutur Prof. Kusnandi.

Calon peserta berdomisili di Kota Bandung dan tidak berencana pindah dari lokasi penelitian sebelum penelitian selesai dilaksanakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top