Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Kecamatan di Kota Bandung Berhasil Bebas Kasus Positif Covid-19

Berdasarkan data yang dirilis oleh Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov), tujuh kecamatan di Kota Bandung berhasil menekan laju transmisi Covid-19 hingga tidak ada lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Berdasarkan data yang dirilis oleh Pusat Informasi Covid-19 (Pusicov), tujuh kecamatan di Kota Bandung berhasil menekan laju transmisi Covid-19 hingga tidak ada lagi penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19.

Tujuh kecamatan itu, di antaranya Kecamatan Ujung Berung, Kecamatan Bandung Kidul, Kecamatan Bojongloa Kidul, Kecamatan Bandung Wetan, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Sukasari, dan Kecamatan Cidadap.

"Betul, yang dimaksud bukan bebas dari Covid-19, melainkan tidak ada kasus positif aktif," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara di Bandung, Rabu (15/7/2020).

Ahyani merinci, di Kecamatan Ujung Berung secara komulatif ada sembilan kasus positif. Dari kesembilan orang itu sudah dinyatakan sembuh. Kemudian di Kecamatan Bandung Kidul, dari total enam kasus, lima di antaranya dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia akibat Covid-19.

Lalu di Kecamatan Bojongloa Kidul tidak ada kasus positif aktif karena enam orang sudah dinyatakan sembuh dan dua orang dinyatakan meninggal dunia. Kecamatan Bandung Wetan, semua orang yang pernah positif Covid-19 sebanyak enam orang, sudah dinyatakan sembuh.

Hal yang sama terjadi di Kecamatan Bandung Wetan dan di Kecamatan Sukajadi pun seluruh orang yang dinyatakan positif sebanyak 11 orang, sudah dinyatakan sembuh tanpa adanya kasus kematian.

Lalu di Kecamatan Sukasari pun demikian, empat orang yang dinyatakan positif Covid-19, sudah dinyatakan sembuh. Dan di Kecamatan Cidadap juga seluruh orang yang dinyatakan positif Covid-19 sebanyak delapan orang, sudah dinyatakan sembuh.

Sementara itu, Kecamatan Rancasari yang dinyatakan bebas kasus positif aktif pertama di Kota Bandung sejak masa pandemi, kini ada penambahan tiga kasus positif. Pada 3 Juli 2020, tidak ada kasus aktif di kecamatan itu.

"Data dinamis sesuai pelacakan, itulah sebabnya kewaspadaan harus terus dijaga," kata Ahyani.

Menurut Ahyani, di Kota Bandung hingga kini jumlah kasus positif aktif terus menurun. Tercatat per tanggal 14 Juli 2020, ada sebanyak 50 kasus positif aktif, menurun sembilan kasus dibandingkan hari sebelumnya.

Sedangkan jumlah total kasus positif secara kumulatif, yakni sebanyak 428 kasus. Sebanyak 337 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 41 orang dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19.

Meskipun terus menurun, Ahyani mengingatkan masyarakat agar tetap berwaspada di fase Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) ini. Karena terdapat mobilitas masyarakat dari berbagai wilayah yang diduga masih ada transmisi penyebaran Covid-19.

"Level kewaspadaan diperlukan agar wilayah paham situasi, karena ada mobilitas masyarakat dari berbagai level," katanya. (k34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper