Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Cimahi Kembali Salurkan Bansos Warga Terdampak Covid-19

Pemerintah Kota Cimahi menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap kedua tahun 2020 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna (kiri) saat menyerahkan bansos bagi warganya/Istimewa
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna (kiri) saat menyerahkan bansos bagi warganya/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Cimahi menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap kedua tahun 2020 kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bansos yang diberikan dalam bentuk bahan pangan tersebut terdiri dari dua kategori yakni penerima penuh dan penyetaraan. Untuk Bansos kategori pertama terdiri dari 20 Kg beras dan 1 dus mi instant senilai kurang lebih Rp350.000 per KPM per bulan yang diperuntukkan bagi masyarakat Kota Cimahi yang terdampak secara ekonomi akibat Covid 19.

Penerima tersebut adalah warga yang belum menerima semua jenis bantuan atau hanya menerima Program Keluarga Harapan (PKH) regular saja dan tidak menerima bantuan lainnya baik dari Kementerian Sosial RI (BST, sembako, dan perluasan sembako) maupun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Adapun untuk Bansos penyetaraan berupa 10 Kg beras dan 14 bungkus mi instant senilai kurang lebih Rp150.000 per KPM per bulan yang diberikan kepada masyarakat Kota Cimahi yang sudah menerima bantuan sembako dan perluasan sembako dari kemensos RI dan tidak menerima jenis bantuan lainnya baik dari Kemensos RI (BST) maupun dari Pemprov Jabar.

Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna, menuturkan jumlah bansos Kota Cimahi tahap pertama bulan kedua tahun 2020 ini mencapai 70.202 Kepala Keluarga (KK) yang terdiri dari 47.638 bersifat full atau penuh dan 22.564 bersifat penyetaraan.

“Dalam masa pandemi ini, mereka (para penerima PKH reguler) juga terdampak Covid-19, sehingga kami dari pemerintah kota membuat kebijakan dengan memberikan tambahan supaya setara dengan bantuan kota yang full sebagai bentuk penyetaraan/penguatan ketahanan pangan masyarakat miskin Kota Cimahi”, ujar Ajay dalam rilis yang diterima Bisnis, Selasa (14/7/2020).

Lebih lanjut lagi, Ajay juga menyatakan untuk Bansos tahap pertama bulan kedua ini, diutamakan diberikan pada delapan kelurahan terlebih dahulu yaitu Cipageran, Karangmekar, Cibeureum, Cibeber, Utama, Baros, Padasuka dan Cimahi. Adapun untuk sisa tujuh kelurahan lainnya akan diserahkan pada minggu selanjutnya.

“Dulu kita yang (bulan) pertama sudah (disalurkan), dan ini yang (bulan) kedua delapan kelurahan serentak hari ini. Saya di Cipageran melihat bagaimana semuanya…bagaimana persiapan dari satu dan lain hal. Alhamdulillah sepertinya tinggal didistribusikan saja”, kata Ajay.

Selain itu, Ajay memberikan apresiasi kepada segenap aparatur Pemkot Cimahi, para ketua RW dan Ketua RT, para relawan dan warga masyarakat yang turut serta membantu dalam kegiatan pendistribusian bansos yang sebelumnya telah terlaksana dengan lancar dan tanpa banyak hambatan.

“Pemerintah Kota telah berupaya melakukan pemutakhiran data penerima (bansos) supaya bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan diterima oleh mereka yang memang berhak. Harapan kami, semoga Bansos ini dapat mengurangi beban warga masyarakat Cimahi yang ekonominya paling terdampak oleh pandemi Covid-19”, tutup Ajay. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper