Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

New Normal, Wisatawan Lokal Dominasi Kunjungan Objek Wisata di Garut

Tingkat kunjungan wisatawan selama masa New Normal ke berbagai objek wisata di Garut, Jawa Barat, didominasi wisatawan lokal, sedangkan dari luar daerah tergolong masih sedikit.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, GARUT - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut menyampaikan, selama tiga pekan masa normal baru tingkat kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata di Garut, Jawa Barat, didominasi wisatawan lokal, sedangkan dari luar daerah tergolong masih sedikit.

"Alhamdulillah sekarang wisatawan ke Garut sudah banyak, bahkan di normal baru ini didominasi wisatawan lokal," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Garut Budi Gan Gan di Garut, Senin (29/6/2020).

Ia menuturkan, selama ini hasil kajian di lapangan warga Garut cenderung berwisata ke luar daerah, namun sejak wabah Covid-19 dan diberlakukan adaptasi kebiasaan baru banyak yang berwisata di daerah sendiri.

Objek wisata yang banyak dikunjungi, kata dia, beragam, terutama wisata alam seperti gunung dan pantai yang kegiatannya di luar.

"Wisata di Garut ini diramaikan dari dalam, tidak hanya dari luar saja, hampir semua tempat wisata, terutama yang terbuka, baik gunung, laut, sungai, air panas dan sebagainya," kata Budi.

Ia mengungkapkan, dibukanya kembali sektor pariwisata di Garut telah mendorong sektor usaha lainnya berkembang, seperti hotel, restoran dan ragam pedagang di tempat wisata.

Termasuk pengakuan dari pedagang di objek wisata, kata Budi, usahanya sudah mulai menggeliat mendapatkan penghasilan untuk kebutuhan hidup dampak dari adanya kunjungan wisatawan.

"Kemarin kita pantau daerah selatan, ada testimoni dari para pedagang, katanya Alhamdulillah sekarang sudah bergairah lagi usahanya," kata Budi.

Ia menambahkan, sektor lainnya seperti hotel di Garut sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan untuk menginap meski belum seramai sebelum wabah Covid-19.

"Semakin hari semakin baik, tingkat kunjungan hotel sekarang 30 sampai 40 persen, artinya sudah tumbuh, berbeda dengan sebelumnya di nol persen," kata Budi.

Seorang pelaku usaha sewa ban renang di objek wisata Pantai Sayang Heulang, Herman mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan mulai ramai sejak pemerintah membuka kembali kawasan wisata di Garut.

Sebelumnya, kata dia, sektor usaha dari kawasan objek wisata memprihatinkan karena tidak ada wisatawan yang berkunjung dampak darurat wabah Covid-19.

"Sekarang sudah ramai lagi, khususnya hari Sabtu dan Minggu, yang datang banyak tidak hanya dari Garut saja, tapi ada dari Bandung juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper