Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Daop 3 Cirebon: KA Kaligung Kembali Layani Penumpang Tujuan Semarang

Kereta Api (KA) Reguler Kaligung dengan relasi Cirebon Prujakan - Semarang Poncol PP, dan KA Kaligung relasi Brebes - Semarang Poncol PP kembali beroperasi kembali mulai Jumat (19/6/2020).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 17 Juni 2020  |  19:58 WIB
Pemeriksaan calon penumpang di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat. - Bisnis/Hakim Baihaqi
Pemeriksaan calon penumpang di Stasiun Cirebon, Kota Cirebon, Jawa Barat. - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Kereta Api (KA) Reguler Kaligung dengan relasi Cirebon Prujakan - Semarang Poncol PP, dan KA Kaligung relasi Brebes - Semarang Poncol PP kembali beroperasi kembali mulai Jumat (19/6/2020).

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif, mengatakan, untuk para calon penumpang yang akan menggunakan perjalanan menggunakan KA Kaligung diharuskan dalam kondisi sehat.

“Penumpang wajib menggunakan masker dan mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket sebagai upaya meminimalisir penyebaran dan memutus virus Covid-19,” katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (17/6/2020).

Untuk mendapatkan tiket, masyarakat masyarakat bisa melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA.

Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun hanya dilayani mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Pada pengoperasian KA kali ini, KAI hanya menjual tiket 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia. Tujuannya, untuk menjaga jarak antar penumpang selama dalam perjalanan.

"Khusus bagi penumpang dengan usia di atas 50 tahun, petugas akan mengatur tempat duduknya saat dalam perjalanan sehingga tidak bersebelahan dengan penumpang lain," katanya.

Luqman menjelaskan, dengan dioperasikannya KA Kaligung ini, maka per 19 Juni 2020, di wilayah Daop 3 Cirebon baru mengoperasikan total 10 KA atau baru 7 persen dari total 134 KA penumpang reguler yang beroperasi di wilayah Daop 3 Cirebon.

10 KA tersebut yaitu KA Ranggajati (2 KA), KA Bengawan (2 KA), KA Tegal Ekspres (2 KA), dan KA Kaligung (4 KA).

Luqman menambahkan, untuk volume penumpang KA Reguler selama 5 hari atau dari tanggal 12 hingga 16 Juni 2020, tercatat sebanyak 145 penumpang naik dari Stasiun Cirebon dan Stasiun Cirebon Prujakan.

“Dimana pada hari pertama terdapat 16 penumpang, hari kedua sebanyak 27 penumpang, hari ketiga sebanyak 41 penumpang, hari keempat sebanyak 24 penumpang, dan hari kelima sebanyak 37 penumpang naik di wilayah Daop 3 Cirebon,” katanya.

Pada perjalanan KA dalam masa adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat produktif dan aman covid-19, penumpang dihimbau untuk datang di stasiun paling lambat 30 menit sebelum jadwal keberangkatan KA nya.

Berikut jadwal perjalanan KA Kaligung:

1. Kaligung relasi Semarang Poncol – Cirebon Prujakan, berangkat dari Semarang Poncol pukul 05.00 WIB dan tiba di Cirebon Prujakan pukul 08.35 WIB.

2. KA 272 Kaligung relasi Cirebon Prujakan – Semarang Poncol, berangkat dari Cirebon Prujakan pukul 09.10 WIB dan tiba di Semarang Poncol 12.36 WIB.

3. KA 279 Kaligung relasi Semarang Poncol – Brebes, berangkat dari Semarang Poncol pukul 08.50 WIB dan tiba di Brebes pukul 11.24 WIB.

4.KA 278 Kaligung relasi Brebes – Semarang Poncol, berangkat dari Brebes pukul 12.15 WIB dan tiba Semarang Poncol pukul 14.50 WIB. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pt kai
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top