Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indag Jabar: 23 Mal di Bandung Ajukan Kesiapan AKB

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat memastikan 23 pengelola mal di Kota Bandung sudah mengajukan kesiapan menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) agar bisa kembali beroperasi.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat memastikan 23 pengelola mal di Kota Bandung sudah mengajukan kesiapan menerapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) agar bisa kembali beroperasi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat Moh Arifin Soedjayana mengatakan pihaknya sudah mendapat surat pernyataan kesanggupan penerapan AKB dari 23 mal yang ada di Kota Bandung.

“Mal sudah bersedia memenuhi syarat AKB, mereka berharap buka karena sudah banyak pekerja yang di PHK,” katanya di Bandung, Senin (1/6/2020).

Pihaknya mencatat pada 20 Mei lalu, jumlah karyawan yang di-PHK dari 23 mal di Kota Bandung sudah mencapai 8.895 orang. Jumlah ini kemudian bertambah setelah Idulfitri hingga mencapai 15.665 orang.

“Teman-teman pengelola sudah ingin buka, karena sejak tiga bulan tidak beroperasi ribuan sudah dirumahkan,” ujarnya.

Beberapa persyaratan yang siap dipatuhi para pengelola antara lain pembentukan Tim Penanganan Covid-19, penyediaan ruang isolasi dengan petugas yang mengenakan alat pengaman diri, juga kepatuhan membuka jam operasional dari pukul 10:00-20:00 WIB.

“Kapasitas mereka juga sudah berhitung, hanya sampai 50%,” katanya.

Pengelola juga bersedia dilakukan penegakan hukum bagi tenant yang melakukan pelanggaran dengan cara penutupan dan penyegelan. Tenant makanan juga tidak diperbolehkan membuka layanan makan di tempat dan hanya melayani pesanan makan untuk dibawa pulang (take away).

“Dan seluruh protocol kesehatan yang diwajibkan seperti menjaga jarak fisik, pemakaian masker dan penyediaan tempat cuci tangan atau hand sanitizer,” kata Arifin.

Meski sudah ada kesiapan, namun kepastian pembukaan kembali mal atau pusat perbelanjaan menurut Arifin berada di masing-masing kepala daerah serta disesuaikan dengan level kewaspadaan yang ada.

Dia menunjuk Kota Bandung yang awalnya akan membuka mal urung karena memperpanjang status pembatasan sosial berskala besar (PSBB). “Kemarin Kota Bandung mau buka, tapi karena PSBB diperpanjang jadi urung lagi,” kata Arifin.

Pihaknya sendiri menilai dari 23 pengelola mall di Kota Bandung yang sudah menyatakan kesiapan, untuk tahap awal jika memungkinkan hanya lima sampai enam mal saja yang akan diizinkan menerapkan AKB sebagai percontohan. “Lima atau enam mal ini dari sisi penerapan protokol kesehatan sudah sangat siap dan paling memungkinkan,” tuturnya.

Sementara untuk pusat perbelanjaan di zona biru menurutnya dipastikan tidak ada masalah sepanjang menerapkan seluruh standar AKB. Arifin mengingatkan meski pembukaan mal diyakini bisa menyelamatkan ribuan pekerja dari pemutusan kerja, kesediaan penerapan protokol kesehatan oleh pengelola harus dibarengi dengan kedisiplinan dan kepatuhan warga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler