Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkot Bandung Siap Awasi Pemberlakuan New Normal di Sektor Ekonomi

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung siap mengawasi penerapan new normal atau kenormalan baru di Kota Bandung, khususnya di sektor ekonomi pascapenerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 27 Mei 2020  |  15:38 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG -- Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung siap mengawasi penerapan new normal atau kenormalan baru di Kota Bandung, khususnya di sektor ekonomi pascapenerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala Disdagin Kota Bandung, Elly Wasliah mengatakan penerapan konsep new normal pada sektor ekonomi sudah disepakati oleh pelaku usaha.

"Relaksasi di bidang ekonomi apalagi dengan kehidupan new normal ini kan antara kesehatan dan ekonomi terus berjalan berdampingan," jelas dia.

New normal ini lanjut Elly tidak berarti aktivitas perekonomian dilakukan dengan cara sebelum Pandemi Covid-19 ini terjadi. Justru dengan new normal ini, aktivitas ekonomi akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ia menyontohkan, pengunjung di pusat perbelanjaan dibatasi 50 persen dari area total, tidak ada fitting room dan lain-lain. Namun, ada beberapa fasilitas di pusat perbelanjaan yang dikecualikan bisa beroperasi, yakni bioskop, karaoke, spa, salon dan playground anak.

"Makanan dan minuman selama seminggu itu tidak boleh ada makan di tempat tapi take away, untuk seminggu pertama kita lihat situasi mal," jelas dia.

Ia menjelaskan, penerapan new normal ini akan diawasi secara ketat oleh Pemerintah Kota Bandung dengan melibatkan seluruh stakeholder.

"Jadi intinya bahwa saya akan menerjunkan arahan Pak Sekda Satpol PP terjun apalagi Disdagin itu kita sebar ke semua mal melihat bagimana protokol kesehatannya diterapkan atau tidak," jelas dia.

Selain itu, dia juga mengatakan akan melibatkan masyarakat untuk mengawasi penerapan new normal agar pengawasan lebih efektif.

"Nanti netizen bisa lapor ke instagram kita, tapi awas jangan hoax," pungkasnya. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemkot bandung
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top