Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amanat Mensos Bagi Penerima BST: Jangan untuk Beli Rokok!

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara meminta penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tidak menggunakan uang yang diterimanya untuk membeli hal yang tidak terlalu pokok saat masa Pandemi Covid-19.
Penyaluran BST di Kantor Pos Cimahi, Minggu (10/5/2020)./Bisnis-Dea Andriyawan
Penyaluran BST di Kantor Pos Cimahi, Minggu (10/5/2020)./Bisnis-Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG - Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara meminta penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tidak menggunakan uang yang diterimanya untuk membeli hal yang tidak terlalu pokok saat masa Pandemi Covid-19.

Salah satunya meminta kepada bapak-bapak penerima BST agar tidak membelanjakannya untuk rokok.

"Untuk bapak-bapak jangan pake uangnya buat beli roko, itu untuk keluarga, belikan makanan," kata Juliari, saar meninjau pembayaran BST di Kantor Pos Cimahi, Minggu (10/5/2020).

Menurutnya BST ini diperuntukkan bagi masyarakat tidak mampu yang belum mendapatkan bantuan dari Pemkot Cimahi, Pemprov Jabar maupun bantuan yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Nanti juga yang belum mendapat BST akan ditanggulangi, baik Provinsi, juga dari Pemkot yang pasti harus bisa dipastikan bahwa sudah tercover semua yang terdampak, kalau udah dapat BST dari Kemensos gak usah dikasih (bantuan lagi)," jelas Juliari.

Menururnya, kolaborasi dari pemerintah daerah kota, pemerintah daerah provinsi maupun pusat harus berjalan dengan baik untuk menanggulangi permasalahan sosial dampak dari Pandemi Covid-19.

"Ini kalau kita kolaborasi kan akan bagus sekali, semua yang terdampak akan terbantu," ungkap Juliari.

Pasalnya, ia menilai Provinsi Jawa Barat memiliki tugas yang lebih berat dalam menanggulangi masalah Covid-19. Pasalnya, Jawa Barat memiliki jumlah penduduk besar dengan permasalahan yang lebih kompleks.

"Jadi butuh upaya yang ekstra, ini kerja keras untuk Jabar, karena kalau penyebaran di Jabar bisa ditekan, kontribusinya akan besar terhadap nasional," kata Juliari.

Selain itu, dalam kegiatannya, Mensos meminta PT Pos agar menerapkan protokol kesehatan dalam proses pendistribusian bantuan BST.

"Untuk Pos, titip harus perhatikan ketertiban, jangan berdesak-desakan," tandas Juliari. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper