Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi 'Penyelundupan' Pemudik, Polda Jabar Perketat Pos Perbatasan

Polda Jawa Barat akan memperkuat pengamanan dan penjagaan di pos-pos perbatasan untuk mengantisipasi adanya pemudik yang tetap memaksakan diri mudik meski sudah dilarang.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Polda Jawa Barat akan memperkuat pengamanan dan penjagaan di pos-pos perbatasan untuk mengantisipasi adanya pemudik yang tetap memaksakan diri mudik meski sudah dilarang.

"Kalau penyelundupan ya kita lakukan pemeriksaan sesuai dengan standar. Kalau di pos ini kan berlapis, yang berbatasan dari Jakarta, Bekasi kemudian yang masuk wilayah Polda Jabar di Cikopo itu kalau yang di tol, jadi kalau misalkan yang dari Jakarta, itu sudah kena (pemeriksaan) berlapis-lapis dia," ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso saat dihubungi, Kamis (30/4/2020).

Ia mengatakan, di perbatasan juga dilakukan pengecekan secara rutin baik di area tol maupun di luar tol.

"Ya kalau sampai malem modusnya, kita 24 jam itu pos-posnya," tuturnya.

Ia menegaskan akan menindak tegas siapapun yang terbukti berusaha menyelundupkan pemudik ke area Jabar. Pasalnya, saat ini cukup banyak kasus transmisi antara keluarga di kampung halaman oleh keluarganya yang mudik.

"Ya nanti dilihat tingkat kesalahannya, kalau misalnya ada kesengajaan atau ada pertimbangan lain, ya kita akan melakukan dengan penindakan hukum tegas, untuk sementara kita masih lakukan sosialisasi dan putar balik aja," kata dia.

Pasalnya, saat ini marak oknum yang menyediakan jasa penyelundupan pemudik bahkan dipromosikan di media sosial. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper