Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pemkab Cirebon Belum Larang Warga yang Mudik Lebaran Duluan

Pemerintah Kabupaten Cirebon mengaku belum memberikan larangan terhadap warganya yang saat ini tengah merantau di luar daerah untuk mudik ke kampung halaman. Hal tersebut seiring dengan merebaknya penyebaran virus corona (COVID-19).
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 27 Maret 2020  |  15:16 WIB
Ilustrasi. Bus Sinar Jaya di Terminal Kalideres - Antara/Rivan Awal Lingga
Ilustrasi. Bus Sinar Jaya di Terminal Kalideres - Antara/Rivan Awal Lingga

Bisnis.com, CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon mengaku belum memberikan larangan terhadap warganya yang saat ini tengah merantau di luar daerah untuk mudik ke kampung halaman. Hal tersebut seiring dengan merebaknya penyebaran virus corona (COVID-19).

Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Cirebon, Iwan Hardiawan, mengatakan, sampat saat ini pemerintah belum mengeluarkan larangan tersebut atau menerapkan lockdown.

Iwan menambahkan, masyarakat dari wilayah Jabodetabek yang baru saja tiba di Kabupaten Cirebon, diminta segera untuk memeriksakan diri ke pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) atau rumah sakit terdekat.

“Pada prinsipnya kami akan selaraskan kebijakan kabupaten dengan arah kebijakan pemerintah pusat,” kata Iwan di Kabupaten Cirebon, Jumat (27/3/2020).

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau kepada seluruh warga Jabar yang tinggal atau bekerja di Jakarta untuk tidak mudik, guna mencegah eskalasi penyebaran wabah tersebut.

Ridwan Kamil menyatakan, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, adalah daerah dengan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terbanyak dan merupakan salah satu episentrum atau pusat dari virus corona.

Maka dari itu, lanjut Emil, pergerakan warga dari Jakarta harus diwaspadai dan diantisipasi.

”Harus mematuhi apa yang sudah diatur oleh pemerintah untuk membuat situasi dan kondisi kembali normal. Jika virus ini teratasi, semua aktivitas bisa berjalan seperti sedia kala,” katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top