Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Cara Purwakarta Gelar Musrenbang 2021 di Tengah Ancaman Corona

Di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun rencana kerja daerah tahun 2021 melalui video conference.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 24 Maret 2020  |  14:10 WIB
Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun rencana kerja daerah tahun 2021 melalui video conference. - Istimewa
Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun rencana kerja daerah tahun 2021 melalui video conference. - Istimewa

Bisnis.com, PURWAKARTA - Di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Kabupaten Purwakarta menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk menyusun rencana kerja daerah tahun 2021 melalui video conference.

Merujuk pada undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah pasal 260 ayat 1, tentang permerintahan daerah, bahwa sesuai dengan kewenangannya menyusun rancangan pembangunannya sesuai dalam sistem perencanaan pembangunan nasional.

Selanjutnya dalam ayat 2 ditegaskan bajwa pembangunan daerah bagaimana dimaksud pada ayat 1 di sinergikan oleh perangkat daerah yang membidangi perencanaan pembangunan daerah.

"Berdasarkan ketentuan tersebut, maka dalam rangka penyusunan RKPD tahun 2021, pemkab berkewajiban untuk menyelaraskan prioritas pembangunan daerah. Pemda berkewajiban menyelaraskan pembangunan daerah tahun 2020 dengan prioritas sasaran pembangunan dalam RPJMD provinsi, dan RPJMN tahun 2020-2024," ujar Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, dikutip Selasa (24/3/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Yudhistira Sekretariat Daerah Kabupaten Purwakarta tersebit hanya dihadiri tidak lebih dari 50 orang.

Anne sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Bappeda Purwakarta, yang menerapkan standar prosedur pencegahan penyebaran COVID-19 pada acara musrenbang kali ini.

"Saya mengapresiasi langkah panitia pelaksana yang memang sangat sulit untuk merevisi jadwal kegiatan musrenbang ini, mengingat masalah teknis. Meski begitu kita melaksanakan kegiatan ini tidak serta merta mengesampingkan SOP pencegahan COVID-19. Semua peserta yang hadir terutama yang di ruangan ini kita batasi tidak lebih dari 50 orang. Yang lainnya mengikuti secara virtual melalui vicon yang sudah disediakan," ucapnya.

Meski begitu, Bupati Anne mengatakan, Index Pembangunan Manusia (IPM) di Purwakarta meningkat 0, 13 poin dari yang ditagret kan 70, 40 poin pada 2019 lalu.

"Tahun 2020 IPM ditargetkan sebesar 71, 54 poin, untuk mencapai target tersebut maka pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan dan perekonomian menjadi bagian terpenting," jelasnya.

Senada dengan tema dari kegiatan musrenbang ini, yaitu "Mengembangkan perekonomian yang berbasis unggulan daerah dengan infrastruktur handal", ia memprioritaskan 6 pembangun yang sudah disusun.

"Sesuai dengan tema, ada 6 prioritas pembangunan yang telah dicanangkan. Mulai dari ekonomi kerakyatan, kesehatan, pendidikan dan lainnya," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top