Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelajah Segitiga Rebana: Pemprov Jabar Bakal Bangun 119 Tower Apartemen MBR di Kawasan Rebana

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Jabar Dicky Saromi memastikan pihaknya juga sudah merancang kebutuhan infrastruktur khususnya hunian bagi pekerja dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di kawasan tersebut berupa apartemen.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  14:05 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Jabar Dicky Saromi memastikan pihaknya juga sudah merancang kebutuhan infrastruktur khususnya hunian bagi pekerja dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di kawasan tersebut berupa apartemen.

“Di wilayah Cirebon-Patimban-Majalengka (Rebana), kami akan membangun 119 tower di atas lahan seluas total 59,38 hektare,” katanya, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya apartemen menjadi pilihan karena ketersediaan lahan untuk membangun rumah layak huni tersebut kini semakin terbatas. Mengacu pada rencana tata ruang wilayah (RTRW) Jabar, dari total luas Provinsi Jabar yang mencapai 3,5 juta hektare, 658.234 hektare di antaranya diperuntukkan untuk perumahan.

"Tetapi, dari total luas lahan untuk perumahan tersebut, 504.231 hektare di antaranya sudah eksisting digunakan, sehingga lahan yang tersisa hanya sekitar 154.000 hektare saja," katanya.

Oleh karenanya, bangunan vertikal dipilih untuk menyiasati keterbatasan lahan tersebut. Apalagi, nenurutnya, bangunan vertikal mendatangkan keuntungan ganda dibandingkan rumah tapak. Selain pembangunannya lebih efisien, pengelolaannya pun lebih mudah, sehingga biaya operasional dapat ditekan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jelajah Segitiga Rebana
Editor : Ajijah
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top