Tips Aman dari Corona Saat Belanja di Pasar ala Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan contoh beraktivitas di luar dengan aman saat kondisi darurat kesehatan akibat pandemi corona. Contoh itu diperlihatkan saat dirinya bersama sang istri berkunjung ke Pasar Sederhana, Bandung, Rabu (18/3/2020).
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 18 Maret 2020  |  14:20 WIB
Tips Aman dari Corona Saat Belanja di Pasar ala Ridwan Kamil
Ridwan Kamil datang ke Pasar Sederhana Kota Bandung dengan mengenakan masker dan menjaga jarak dengan para pengunjung pasar yang menyapanya. - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunjukkan contoh beraktivitas di luar dengan aman saat kondisi darurat kesehatan akibat pandemi corona. Contoh itu diperlihatkan saat dirinya bersama sang istri berkunjung ke Pasar Sederhana, Bandung, Rabu (18/3/2020).

Ridwan Kamil datang dengan mengenakan masker dan menjaga jarak dengan para pengunjung pasar yang menyapanya. Dia mengaku menerapkan social distancing sesuai petunjuk kesehatan yang beredar. Menurutnya social distancing memungkinkan warga untuk tetap beraktivitas di luar dan meminimalisir risiko penularan.

"Social distance itu menjaga jarak semaksimal mungkin dan tidak boleh melakukan kegiatan yang sifatnya tersier dan gak wajib," katanya.

Menurutnya, pergi ke pasar untuk membeli bahan pokok merupakan kebutuhan yang sifatnya wajib. Meski begitu, dia mengimbau agar warga tetap menjaga jarak dan berbelanja secepat mungkin.

"Jaga jarak, jangan terlalu dekat, kalau sudah tak enak badan gunakan masker," katanya.

Masker yang ia gunakan sendiri dibuka saat berdialog atau menawar harga kebutuhan pokok pada penjual di pasar. Setelah dialog, Ridwan Kamil kembali mengenakan masker dan menyapa pengunjung pasar dengan mengatupkan tangan dan tetap menjaga jarak.

Dia mengatakan social distancing merupakan wujud partisipasi masyarakat untuk mencegah pandemi corona yang kini sudah menyebar di dunia, termasuk Jabar. Namun dia mengingatkan, aktivitas belanja ke pasar dilakukan jika kebutuhan pokok sudah menipis. Sisanya warga diimbau tetap beraktivitas di rumah.

"Kami enggak minta apa-apa, kerjakan hal-hal produktif di rumah. Insya Allah masalah cepat selesai," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top