Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabupaten Bekasi Dorong Daya Saing Industri Lewat e-Smart IKM

Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berupaya mendorong daya saing industri lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui e-smart industri kecil dan menengah (IKM).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BEKASI - Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi, Jawa Barat berupaya mendorong daya saing industri lokal untuk mendukung pertumbuhan ekonomi daerah sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui e-smart industri kecil dan menengah (IKM).

"Program dan kegiatan strategis yang kami siapkan guna mendongkrak daya saing IKM," kata Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi Peno Suyatno, Minggu (1/3/2020).

Dia mengatakan program tersebut di antaranya pelatihan yang kali ini diikuti 80 IKM dengan tujuan menciptakan iklim usaha yang kondusif guna memacu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bekasi agar mampu berdaya saing menghadapi era revolusi industri 4.0 dewasa ini.

"Pelatihan ini untuk membangkitkan sektor IKM dalam menciptakan pasar melalui e-smart kita bisa mewujudkannya dengan bisnis online," katanya.

Kepala Bidang Pengawasan, Pengendalian, Evaluasi, dan Promosi pada Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi Muhamad Ridwan mengatakan program e-smart IKM merupakan upaya transfer pengetahuan dalam pemanfaatan teknologi digital bagi para pelakunya.

Pihaknya menggandeng sejumlah pihak untuk menyukseskan program pelatihan e-smart IKM seperti Direktorat IKM dan Aneka pada Kementerian Perindustrian RI dan Bank Jabar Banten selaku akses permodalan.

Dinas Perindustrian Kabupaten Bekasi juga berkolaborasi dengan platform e-commerce yakni PT Shopee Internasional Indonesia serta Owner Digileaps yang bergerak di sektor manajemen usaha dan pemasaran.

"Selain mengajarkan bagaimana cara memulai bisnis digital pelatihan ini juga melatih peserta mengetahui cara produksi dan pemasarannya," kata dia.

Ridwan berharap peserta mampu mengadopsi teori-teori yang disampaikan saat pelatihan dan merealisasikannya dengan membuka lapangan pekerjaan baru melalui bisnis digital.

Salah satu peserta Abdullah (36) menilai kegiatan pelatihan ini sebagai upaya positif pemerintah daerah menciptakan industri kecil yang memiliki daya saing di era teknologi serba digital.

"Saya mengapresiasi kegiatan ini, sangat membantu kami. Ke depan saya berharap ada keterlibatan BUMDes agar pelaku IKM di desa seperti kami ini dapat bersinergi dengan BUMDes," kata Abdul.

Menurut dia sinergi antarpemangku kepentingan dibutuhkan untuk merealisasikan program e-smart IKM agar mampu merangsang pertumbuhan ekonomi daerah yang berimbas kepada kesejahteraan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper