Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jabar Butuh 72.000 Petugas untuk Sensus Penduduk 2020

Kebutuhan petugas sensus di Jawa Barat pada Sensus Penduduk 2020 sekitar 72.000 petugas. Pendaftaran akan dilakukan serentak secara nasional mulai Maret atau April 2020 mendatang.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 14 Februari 2020  |  16:22 WIB
Ilustrasi - Bisnis
Ilustrasi - Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Kebutuhan petugas sensus di Jawa Barat pada Sensus Penduduk 2020 sekitar 72.000 petugas. Pendaftaran akan dilakukan serentak secara nasional mulai Maret atau April 2020 mendatang.

Kepala Seksi Kependudukan, Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Barat, Hendy Hario mengatakan kebutuhan petugas di Jawa Barat memang cukup besar. Pasalnya Jawa Barat menjadi salah satu daerah dengan penduduk paling besar di Indonesia.

"Nanti bakal disebar sesuai dengan kebutuhan daerah masing-masing," kata dia, Jumat (14/2/2020).

Nantinya, pendaftaran bisa langsung dilakukan di BPS kota/kabupaten masing-masing sehingga untuk kuota akan disesuaikan oleh kebutuhan masing-masing daerah.

Para petugas ini, mulai 1-31 Juli 2020 akan bertugas mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan sensus penduduk wawancara.

Sementara itu, Sensus Penduduk secara online setentak akan dilakukan mulai 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020.

Ia menjelaskan, tidak ada persyaratan khusus untuk para calon petugas sensus ini. Peserta diutamakan lulusan SMA yang berusia 18-55 tahun.

"Tidak ada persyaratan khusus tapi kami utamakan lulusan SMA," ungkap dia.

Selain itu, calon petugas juga diharapkan memiliki dan mampu mengoperasikan smartphone. Pasalnya dalam pelaksanaan sensus penduduk nanti para petugas akan menggunakan sistem aplikasi yang disiapkan oleh BPS.

"Yang penting punya smartphone, jadi nanti bakal ngisi form yang disediakan," jelas dia. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sensus Penduduk
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top