Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bupati Purwakarta Usulkan Jalur Provinsi Wanayasa Diperlebar

Dengan banyaknya jalur perlintasan ini jelas menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten. Untuk memberi keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dan para pengguna jalan.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 05 Februari 2020  |  12:33 WIB
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika - Istimewa
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika - Istimewa

Bisnis.com, PURWAKARTA—Kabupaten Purwakarta, merupakan salah satu wilayah kecil di Jawa Barat yang diapit beberapa kabupaten. Pastinya, wilayah ini banyak terdapat jalur-jalur krusial yang menjadi perlintasan antar daerah.

Menurut Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, dengan banyaknya jalur perlintasan ini jelas menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kabupaten. Untuk memberi keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dan para pengguna jalan.

“Di wilayah kami, ada tiga jalur utama yang selama ini dipakai untuk mobilitas masyarakat. Yakni, jalur utama yang statusnya milik kabupaten, provinsi dan pusat,” ujar Anne, Selasa (4/2/2020).

Anne menjelaskan, kondisi jalan di tiga jalur utama tersebut sudah sangat memadai. Hanya saja, ada beberapa titik yang kondisinya perlu ditingkatkan. Salah satunya, jalur milik provinsi yang menghubungkan Purwakarta dengan Kabupaten Subang lewat Wanayasa.

“Untuk jalur provinsi ke arah Sagala Herang itu, memang masih kurang memadai. Misalnya, dari lebarnya. Idealnya, lebar jalur penghubung tersebut sekitar 12 meter. Kalau sekarang kan paling 6-8 meter. Sedangkan, secara mobilitas akses tersebut sudah terbiang cukup tinggi,” jelas dia.

Kedepannya, Pemerintah Kabupaten Purwakarta mengusulkan ke pemerintah provinsi supaya jalur tersebut bisa di perlebar. Jalan tersebut termasuk jalur krusial untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

“Jadi menurut kami, kondisi saat ini sudah tak menunjang. Apalagi, itu menjadi jalur pariwisata,” tambahnya.

Anne menyebutkan, setiap akhir pekan kawasan itu selalu ramai dilintasi wisatawan. Baik itu, mereka yang sekedar melihat keindahan Situ Wanayasa, menjajal kuliner khas, Sate Maranggi, atau diteruskan ke arah Bojong dan juga ke arah Subang.

Anne menambahkan, jika di sekitaran Situ Wanayasa hingga alun - alunnya, sering terjadi kemacetan yang cukup panjang. Hal itu dikarenakan jumlah kendaraan yang menumpuk disertai dengan padatnya aktivitas masyarakat setempat.

“Karena itu, kami mengusulkan supaya jalur alternatif Purwakarta - Subang via Wanayasa ini segera ditambah lebarnya. Biar semakin kekinian dan mendukung pariwisata di Jawa Barat,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

purwakarta
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top