Ridwan Kamil Lepas 2.500 Peserta Jabar International Marathon 2019 di Pangandaran

Suara nyaring air horn serta confetti warni-warni yang beterbangan menjadi penanda dilepasnya para peserta Jabar International Marathon (JIM) 2019 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (1/12/19), di Pantai Barat Pangandaran.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 01 Desember 2019  |  12:46 WIB

Bisnis.com,BANDUNG—Suara nyaring air horn serta confetti warni-warni yang beterbangan menjadi penanda dilepasnya para peserta Jabar International Marathon (JIM) 2019 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Minggu (1/12/19), di Pantai Barat Pangandaran.

Sejak pukul 05:15 WIB, gubernur yang akrab disapa Emil itu melepas pelari kategori Full Marathon (42K) dan Half Marathon (21K), dilanjutkan melepas kategori 10K pada 05:30 WIB dan 5K pada 05:45 WIB.

Totalnya, terdapat 2.500 peserta asal Jabar, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Amerika Serikat, Kenya, hingga Australia yang mengikuti event maraton kelas dunia di Pangandaran.

Di edisi kedua JIM pada 2019 ini, terdapat kategori anyar yakni Kid Sprint sejauh 1 kilometer yang diikuti 100 siswa dari delapan Sekolah Dasar (SD) yang dilewati rute maraton. Pelari cilik tersebut dilepas dengan semringah oleh gubernur.

"Kid Sprint 1K ini lucu-lucuan, sekaligus agar dari kecil anak-anak lokal terbiasa mencintai olahraga lari," ucap Emil.

Yang pasti, Emil menyatakan bahwa JIM telah didaulat menjadi kegiatan rutin program pariwisata strategis Jabar.

Lewat proyek revitalisasi kawasan Pantai Barat dan Timur yang tengah dilakukan, Emil pun mendorong agar pelaksanaan JIM berikutnya bisa lebih baik dengan jumlah peserta yang semakin meningkat.

"Tahun depan makin besar, makin bagus, makin internasional dan (saat itu) Pangandaran sudah keren. Karena (Pangandaran) itu etalase wajah pariwisata Jabar," ucap Emil.

Gubernur Terbaik Wilayah Tengah versi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ini pun berujar Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar sangat mendukung pengembangan Jabar melalui revitalisasi kawasan wisata serta transportasi mulai bandara hingga tol.

Terakhir, Emil mengimbau kepada para peserta JIM 2019 agar turut mempromosikan Pangandaran. "Setelah beres (lari), gunakan hp, promosikan Pangandaran biar semua makin maju, makin ramai," ujarnya.

"Setiap tahun (JIM) diperbesar hingga suatu saat menjadi yang terbaik di Indonesia," harap Emil.

Turut menemani gubernur melepas para peserta JIM 2019 pagi itu yakni Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jabar Engkus Sutisna serta Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata dan wakilnya Adang Hadari.

Adapun, Wali Kota Bogor Bima Arya tercatat sebagai peserta kategori 10K. Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jabar Hery Antasari ikut meramaikan JIM 2019 sebagai peserta kategori 5K.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top