Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPP Gratis Jalan, Jabar akan Perjuangkan Nasib Guru Honorer

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku akan memikirkan kesejahteraan para guru honorer seiring memungkinkannya anggaran.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku akan memikirkan kesejahteraan para guru honorer seiring memungkinkannya anggaran.

Ridwan Kamil mengatakan semua kekurangan terkait dunia pendidikan akan diperbaiki pihaknya. Setiap tahun pihaknya melakukan perbaikan anggaran guna mengakomodir kebutuhan-kebutuhan dunia pendidikan. “Seperti tahun depan SPP kan digratiskan, tahun-tahun sebelumnya kan nggak ada,” katanya di Gasibu, Bandung, Senin (25/11/2019).

Menurutnya belajar dari penggratisan SPP, kemungkinan untuk mendorong kesejahteraan para guru honorer dinilai tidak mustihal untuk dilakukan. Ridwan Kamil memastikan akan memperjuangkan hal tersebut. “Jadi poinnya adalah dimana ada keluangan [anggaran] pasti akan kita perjuangkan,” kata Ridwan Kamil.

Program SPP gratis sendiri menurutnya sudah masuk dalam pembahasan anggaran APBD 2020 yang saat ini masih terus dibahas bersama DPRD Jabar. Dia berharap jika disetujui maka program ini bisa dimulai pada awal 2020. “Insyaallah tinggal ketok palu,” ujarnya.

Menurutnya dalam rencana yang sudah dibahas pihaknya, SPP gratis akan diberikan juga pada siswa SMA/SMK swasta yang berkategori miskin. “Negeri dan swasta yang tidak mampu,” ujarnya.

Ridwan Kamil menghitung kebutuhan anggaran untuk membiayai kebijakan ini mencapai hampir Rp2 triliun. “Sekitar hampir Rp2 triliun, makanya berat,” katanya.

Meski besar, pihaknya menjamin upaya penghematan tidak akan menganggu anggaran pembangunan yang lain. Dari penghematan dia berharap bisa menghasilkan anggaran yang cukup untuk menggratiskan SPP. “ Doain aja, niatnya sudah ada,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper