Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tips Jadi Public Speaker dari Atalia Ridwan Kamil

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil membagikan tips berbicara di depan umum atau public speaking.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 17 November 2019  |  15:07 WIB
Atalia Ridwan Kamil - Istimewa
Atalia Ridwan Kamil - Istimewa

Bisnis.com,BANDUNG—Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil membagikan tips berbicara di depan umum atau public speaking.

"Yang paling penting dalam komunikasi adalah bagaimana pesan sampai kepada audiens dan memberikan efek. Kita harus mengenali siapa audiens, karena kita tidak bisa mengucapkan dua hal yang sama pada posisi yang berbeda," kata Atalia, Minggu (17/11/2019).

Atalia pun menceritakan pengalam menarik manakala menekuni ilmu public speaking. “Saya belajar public speaking 30 tahun lalu, dimulai dengan menjadi pembawa acara. Saya biasa jadi pembawa acara wisuda. Saya juga ikut kursus,” ucapnya.

Menurut Atalia, dirinya merupakan sosok pendiam dan enggak berbicara di depan publik. Namun, setelah mendalami ilmu public speaking, kepercayaan dirinya untuk berbicara di depan publik meningkat. Dia pun menyarankan kepada audiens untuk terus membaca buku. Selain menambah kepercayaan diri, pengetahuan akan semakin luas.

“Aristoteles mengatakan, kita adalah apa yang biasa kita lakukan. Keunggulan bukanlah aksi satu kali tapi kebiasaan, itu kata Aristoteles bukan saya. Kalau dulu saya demam panggung, sekarang kalau tidak ada panggung saya demam,” katanya.

Dia berharap, setelah pelatihan public speaking seperti ini, kemampuan public speaking peserta Public Speaking Training for Muslimah meningkat dan diterapkan di lingkungannya masing-masing.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pemprov jabar
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top