Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terkait Pipa Pertamina, Kontraktor KCIC Langgar Prosedur

PT Pertamina area Bandung melaporkan kasus ledakan dan kebakaran pipa BBM di KM130 Tol Purbaleunyi, Selasa (22/10/2019) pada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 24 Oktober 2019  |  17:34 WIB
Lokasi pipa Pertamina yang bocor dan terbakar akibat proyek kereta cepat - Antara
Lokasi pipa Pertamina yang bocor dan terbakar akibat proyek kereta cepat - Antara

Bisnis.com,BANDUNG—PT Pertamina area Bandung melaporkan kasus ledakan dan kebakaran pipa BBM di KM130 Tol Purbaleunyi, Selasa (22/10/2019) pada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan kejadian tersebut dipicu oleh kelalaian standar prosedur penggalian tanah di lokasi yang tidak diikuti kontraktor proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

“Prosedur itu kalau membangun di area [pipa] Pertamina harus ada pendampingan dari pihak Pertamina bahwa pipa do titik pembangunan itu tidak terdampak oleh alat berat,” katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Kamis (24/10/2019).

Kedua, prosedur yang juga tidak diikuti adalah penggalian tanah dari pipa Pertamina harus berjarak 3 meter. “Dua prosedur ini karena tidak dilakukan terjadilah musibah itu. Si eksvatornya tepat mengenai pipa sehingga terjadi ledakan dan ada korban jiwa dari pekerja,” katanya.

Pipa lama yang menyuplai dari Ujung Berung ke Padalarang itu berhasil dipadamkan oleh pemadam khusus Pertamina dalam waktu 3,5 jam menggunakan busa khusus. “Pertamina juga melakukan mitigasi dampak minyak ke masyarakat yang bocor ke selokan dan sawah,” katanya.

Dampak tersebut menurutnya akan ditanggung oleh pihak PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tol purbaleunyi
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top