Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebutuhan Tenaga Kerja di Segitiga Rebana Tengah Disiapkan

Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus merumuskan kebutuhan teknis terkait rencana pengembangan Segitiga Rebana (Patimban-Kertajati-Cirebon).
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara
Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus merumuskan kebutuhan teknis terkait rencana pengembangan Segitiga Rebana (Patimban-Kertajati-Cirebon).
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jabar Ade Afriandi pada bisnis memaparkan pihaknya sudah membahas peluang-peluang yang akan dimanfaatkan industri di kawasan tersebut terutama pemenuhan tenaga kerja. 
“Kita diskusikan dengan Disnaker di Segitiga Rebana bagaimana kalau ini mulai diisi, kita yang di wilayah tersebut sudah mempersiapkan calon tenaga kerja yang akan mengisi industri dan dunia usaha di kawasan Rebana,” ujarnya, Selasa (3/9/2019).
Pihaknya mengaku saat ini tengah memvalidasi data kesiapan tenaga kerja berbagai strata pendidikan di wilayah-wilayah yang masuk Rebana, termasuk data tenaga kerja di industri yang akan direlokasi dari kawasan Citarum ke Rebana.
“Kita validasi data semua, karena jumlah perusahaan juga masih belum lengkap, termasuk jenis-jenis usahanya,” katanya.
Ade menilai suplai tenaga kerja untuk Rebana kemungkinan akan memakai tenaga kerja yang sudah jadi dari kawasan Purwakarta, Subang, Cirebon dan Majalengka. Pihaknya tinggal menggenjot pelatihan bagi calon tenaga kerja ini untuk menyesuaikan dengan kebutuhan industri di Rebana. 
“Sebelum Rebana ada, di sana kan sudah ada zona-zona industri. Kami belum bicara komposisi tenaga kerja lokal yang harus masuk, yang paling penting kita kembangkan pelatihan-pelatihan,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper