Dampak Zonasi, Bus Sekolah Bakal Dialihfungsikan Angkut Penumpang ke Bandara Kertajati

Pemerintah Kota Bandung berencana mengalihfungsikan bus sekolah untuk kendaraan operasional menuju ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 09 Agustus 2019  |  13:43 WIB
Dampak Zonasi, Bus Sekolah Bakal Dialihfungsikan Angkut Penumpang ke Bandara Kertajati
Bus sekolah milik Pemkot Bandung - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG — Pemerintah Kota Bandung berencana mengalihfungsikan bus sekolah untuk kendaraan operasional menuju ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

Hal tersebut dilakukan lantaran dampak dari zonasi yang mengakibatkan banyak bus sekolah yang tidak beroperasi.

“Yang beroperasi 8 sampai 13 dari 24,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Ricky Gustiadi, di Bandung, Jumat (9/8).

Meski demikian, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan peninjauan kembali terkait fungsi dari bus sekolah yang sebelumnya dioperasikan untuk mengantarkan siswa menuju sekolah-sekolah di Kota Bandung. Namun saat ini bus-bus tersebut tidak beroperasi maksimal lantaran dampak dari sistem zonasi.

“Untuk dampak ke depannya kita akan meninjau kembali dan mengalihkan usaha di bidang lain, seperti bus pariwisata dan angkutan ke Bandara Kertajati,” jelas dia.

Sebelumnya, Bus Sekolah resmi dioperasikan mengantarkan anak-anak sekolah di Kota Bandung pada 7 Oktober 2014 lalu. Peresmian dilakukan pada kepemimpinan Ridwan Kamil kala menjadi Wali Kota Bandung.

Bus berwarna kuning tersebut diproyeksikan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas di Kota Bandung. Namun, dengan diberlakukannya sistem zonasi, lanjut Ricky, akhirnya bus-bus ini nantinya akan dialihfungsikan, menjadi bus priwisata ataupun kendaraan operasional. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandara kertajati

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya


Top