Reformasi Perpajakan, Pesan Penting DJP di CFD Dago

Pada kegiatan ini juga dibuka pelayanan perpajakan Pojok Pajak seperti aktivasi EFIN, e-billing, dan layanan konsultasi perpajakan lainnya. Masyarakat juga cukup antusias mendatangi Pojok Pajak juga berkonsultasi mengenai masalah perpajakan.
Ajijah
Ajijah - Bisnis.com 14 Juli 2019  |  16:48 WIB
Reformasi Perpajakan, Pesan Penting DJP di CFD Dago
Kepala Kanwil DJP Jabar I, Neilmaldrin Noor mengikuti senam sehat di area CFD Dago hari ini - Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Memperingati Hari Pajak, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Barat I bersama 10 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) se-Bandung Raya dan sekitarnya, menggelar kegiatan Senam Sehat di area Car Free Day (CFD) Dago, Minggu (14/7/2019).

Kepala Kanwil DJP Jabar I, Neilmaldrin Noor mengatakan tanggal 14 Juli dipilih atas dasar munculnya pertama kali pembahasan soal pajak dalam rapat BPUPKI pada 14 Juli 1945 yang dilontarkan oleh Ketua BPUPKI Radjiman Wediodiningrat.

"Peringatan Hari Pajak ini merupakan momentum positif bagi perbaikan atau penyempurnaan sistem perpajakan dan institusi Direktorat Jenderal Pajak," kata Neilmaldrin.

Titik momentum penyempurnaan atau perbaikan sistem perpajakan itu yang disebut dengan Reformasi Perpajakan yang sampai saat ini telah memasuki jilid III, dengan fokus pada lima pilar, yaitu organisasi, SDM, IT dan basis data, proses bisnis dan peraturan (regulasi).

Struktur organisasi yang ideal dengan memperhatikan cakupan georafis, karateristik organisasi, ekonomi, kearifan lokal, potensi penerimaan dan rentang kendali yang memadai. Contoh perubahan struktur organisasi yang minggu lalu baru selesai dilaksanakan adalah Pembentukan 2 Direktorat baru (Direktorat Data dan Informasi, Direktorat Teknologi Informasi dan Komunikasi).

DJP terus melakukan perbaikan juga dalam hal membangun Sistem informasi Core Tax yang reliable dan andal untuk mengolah data perpajakan yang akurat berbasis teknologi sesuai dengan core business DJP, dan tentunya juga perluasan layanan berbasis online ( e filing, e faktur, e billing, e-SPT dll) yang sudah cukup familiar dan dirasakan manfaatnya oleh wajib pajak. Juga regulasi berupa penurunan tarif pajak UMKM.

Pada kegiatan ini juga dibuka pelayanan perpajakan Pojok Pajak seperti aktivasi EFIN, e-billing, dan layanan konsultasi perpajakan lainnya. Masyarakat juga cukup antusias mendatangi Pojok Pajak juga berkonsultasi mengenai masalah perpajakan.

Selain acara di CFD Dago, dalam pekan peringatan Hari Pajak, Kanwil DJP Jawa Barat I juga menggelar beberapa agenda kegiatan diantaranya, Gebyar UMKM Sahabat Pajak, bakti sosial berupa donor darah dan santunan anak yatim, dan pajak bertilawah, puncaknya adalah upacara Peringatan Hari Pajak di seluruh unit kerja.

Rangkaian agenda tersebut sekaligus sebagai pembuktian bahwa Kanwil DJP Jawa Barat I ingin hadir lebih dekat di tengah masyarakat dan stake holder terkait, di samping terus menjalankan proses Reformasi Perpajakan yang telah digariskan oleh Pemerintah.

Diharapkan dengan kegiatan ini masyarakat merasa lebih dekat dengan DJP dan tumbuh kepedulian terhadap pajak, sehingga dengan semangat Hari Pajak, turut mendukung Reformasi Perpajakan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
djp

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top