Komunitas Seniman Dukung Reaktivasi Jalur KA Stasiun Garut-Cibatu

Komunitas seniman yang tergabung dalam Himpunan Sastrawan Dramawan Garut melakukan aksi jelajah jalur kereta api dari Stasiun Garut menuju Stasiun Cibatu sebagai bentuk dukungan terhadap program reaktivasi jalur rel kereta api di Kabupaten Garut, Jawa Barat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Juli 2019  |  20:39 WIB
Komunitas Seniman Dukung Reaktivasi Jalur KA Stasiun Garut-Cibatu
Komuitas seniman melintasi jalur pembangunan rel kereta api Stasiun Garut-Cibatu di Kabupaten Garut, Jawa Barat. - Istimewa

Bisnis.com, GARUT - Komunitas seniman yang tergabung dalam Himpunan Sastrawan Dramawan Garut melakukan aksi jelajah jalur kereta api dari Stasiun Garut menuju Stasiun Cibatu sebagai bentuk dukungan terhadap program reaktivasi jalur rel kereta api di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kegiatan ini sebagai bentuk dan cara menyambut akan kehadiran kembali jalur kereta api Cibatu-Garut," kata seorang penggagas kegiatan jelajah jalur rel kereta api, Fachroe di Garut, Minggu (14/7/2019).

Dia menuturkan komunitas seniman dari Garut menyambut gembira rencana pemerintah untuk mengaktifkan kembali rel kereta api yang selama ini sejak tahun 1988 tidak berfungsi.

Kegiatan yang diberi nama "Mapay Pijalaneun Kareta Api" atau menelusuri bakal jalan kereta api itu dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 20 km yang menghabiskan waktu sekitar 5 jam dari Stasiun Garut ke Stasiun Cibatu.

"Kami menyaksikan langsung sampai sejauh mana PT KAI dalam menyelesaikan reaktivasi ini, di dalam perjalanan kami berbincang dengan masyarakat yang dilalui tentang akan dijalankannya kembali kereta api Cibatu-Garut," kata Fachroe.

Dia menyampaikan selama perjalanan para peserta jelajah menyempatkan waktu berbincang-bincang dengan masyarakat yang dilewati jalur kereta api tersebut.

Respons masyarakat saat dilintasi penjelajah, kata dia, bermacam-macam, ada yang heran, ada juga menyampaikan dukungan terhadap program reaktivasi jalur rel kereta api Stasiun Garut-Cibatu.

Dia berharap, jalur kereta api tersebut secepatnya terlaksana sehingga menjadi transportasi alternatif masyarakat Garut atau mempermudah pengunjung berwisata ke Garut.

"Dari bincang dengan masyarakat yang ditemui di perjalanan mereka berharap transportasi kereta ini segera dan dapat cepat bermanfaat," katanya.

Mengaktifkan kembali jalur kereta api yang sudah puluhan tahun tidak berfungsi itu membutuhkan dukungan dan semangat kebersamaan sehingga dapat terwujud sesuai harapan.

"Kegiatan perjalanan ini untuk memperdalam spirit kebersamaan dalam membangun Garut yang berbudaya," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kereta api

Sumber : Antara
Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top