Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kebakaran Pasar Lagi, Diskar PB Soroti Sistem Instalasi Listrik

Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 10 Juni 2019  |  18:59 WIB
Kebakaran Pasar Lagi, Diskar PB Soroti Sistem Instalasi Listrik

Bisnis.com, BANDUNG -- Kepala Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Dadang Iriana menyoroti permasalahan instalasi listrik pada kejadian kebakaran Pasar Ujungberung, Kota Bandung yang terjadi Minggu (9/6) malam. Hal ini juga yang diduga menjadi penyebab kebakaran Pasar Kosambi beberapa waktu lalu.

“Dugaan sementara arus listrik. Pasar Kosambi juga akibat arus pendek. Ini harus diperhatikan,” kata Dadang saat ditemui di Pasar Ujungberung, Senin (10/6).

Dadang menuturkan, selama ini para pedagang acap kali serampangan menyambung instalasi listrik. Para pedagang mengesampingkan aspek keamanan lantaran lebih mengutamakan penerangan.

Hal itu, lanjutnya, diperparah dengan penggunaan kabel listrik di bawah standar. Sehingga tidak memiliki daya tahan yang kuat bahkan justru rentan terbakar.

“Mereka itu ada yang semacam jual jasa, semacam bandar listrik. Misalkan dia pasang 10.000 watt dan disebar lagi ke orang lain. Lalu menarik iuran per malam. Tapi masalahnya asal pasang dan kabelnya juga beda-beda,” ungkap Dadang.

Untuk itu, Dadang mengimbau apabila ada yang ingin membuat instalasi di pasar sebaiknya mendatangkan ahlinya. Bahkan ia meminta para pedagang untuk memeriksa kembali instalasi yang telah terpasang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku akan berkoordinasi dengan PT PLN khusus terkait pemasangan instalasi listrik di pasar tradisional. Pasalnya, instalasi listrik di pasar merupakan hal yang penting.

Yana mengaku, mendapati sejumlah instalasi listrik dalam kondisi kurang baik. Dia juga meminta agar petugas PLN lebih teliti sebelum memasang instalasi. Di antaranya dengan mememeriksa secara menyeluruh.

“PLN jangan terlalu mudah menyambung instalasi. Jangan sampai dari titik PLN ke meteran saja. Dari meteran ke dalam juga harus diperhatikan. Tadi saya lihat di dalam sepintas terlihat kurang baik,” ungkap Yana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandung raya
Editor : Ajijah

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top