Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

41 Orang Tewas Akibat Kecelakaan Pesawat di Rusia

Empat puluh satu orang di dalam pesawat penumpang Rusia Aeroflot tewas pada hari Minggu (5/5/2019), termasuk dua anak, setelah pesawat terbakar karena memantul ketika melakukan pendaratan darurat di bandara Moskow, kata para investigator Rusia seperti dilansir Reuters.
Sebuah pesawat penumpang terlihat terbakar setelah pendaratan darurat di Bandara Sheremetyevo di luar Moskow, Rusia 5 Mei 2019. Komite Investigasi Rusia / Handout via REUTERS.
Sebuah pesawat penumpang terlihat terbakar setelah pendaratan darurat di Bandara Sheremetyevo di luar Moskow, Rusia 5 Mei 2019. Komite Investigasi Rusia / Handout via REUTERS.

 

Bisnis.com, BANDUNG—Empat puluh satu orang di dalam pesawat penumpang Rusia Aeroflot tewas pada hari Minggu (5/5/2019), termasuk dua anak, setelah pesawat terbakar karena memantul ketika melakukan pendaratan darurat di bandara Moskow, kata para investigator Rusia seperti dilansir Reuters.

Tayangan televisi menunjukkan Sukhoi Superjet 100 tersebut memantul di landasan bandara Sheremetyevo, Moskow sebelum bagian belakang pesawat tiba-tiba terbakar.

Banyak penumpang di SU 1492 kemudian melarikan diri melalui seluncuran darurat pesawat yang terbuka setelah pendaratan keras.

Pesawat yang terbang dari Moskow ke kota Murmansk di Rusia Utara tersebut mengangkut 73 penumpang dan lima awak, kata pengawas penerbangan Rusia.

Svetlana Petrenko, juru bicara Komite Investigasi Rusia, mengatakan bahwa hanya 37 dari 78 orang yang ada di kapal yang selamat, yang berarti 41 orang telah kehilangan nyawa. Belum ada penyebab resmi untuk bencana ini.

Komite Investigasi mengatakan bahwa mereka telah membuka penyelidikan dan sedang memeriksa apakah pilot telah melanggar aturan keselamatan udara. Sementara itu, beberapa penumpang menyalahkan cuaca buruk dan kilat.

"Kami lepas landas dan kemudian kilat menghantam pesawat," kata harian Komsomolskaya Pravda mengutip satu penumpang yang masih hidup, Pyotr Egorov.

“Pesawat berbalik dan ada pendaratan yang keras. Kami sangat takut, kami hampir kehilangan kesadaran. Pesawat melompati landasan seperti belalang dan kemudian terbakar di tanah. ”

TV pemerintah menyiarkan cuplikan ponsel yang direkam oleh penumpang lain di mana bisa terdengar orang berteriak.

Presiden Vladimir Putin dan Perdana Menteri Dmitry Medvedev menyatakan belasungkawa dan memerintahkan investigator untuk mengungkapkan apa yang telah terjadi.

Kantor berita Interfax mengutip "sumber informasi" yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan evakuasi pesawat telah ditunda karena beberapa penumpang yang bersikeras untuk mengambil barang bawaan mereka terlebih dahulu.

Kantor berita Rusia melaporkan bahwa penumpang yang terluka dirawat di rumah sakit.

Puing-puing di Mesin

Layanan pelacakan Flightradar24 menunjukkan bahwa pesawat telah berputar dua kali di atas Moskow sebelum melakukan pendaratan darurat setelah kurang dari 30 menit di udara.

Under-carriage pesawat terdampak dan mesinnya terbakar.

Interfax mengutip sebuah sumber yang mengatakan pesawat itu hanya berhasil melakukan pendaratan darurat pada upaya kedua dan bahwa beberapa sistem pesawat gagal berfungsi.

Pendaratan darurat sangat keras sehingga puing-puing masuk ke mesin dan memicu api yang dengan cepat menelan bagian belakang pesawat, ungkap sumber yang sama.

Pihak penyelidik Rusia mengatakan bahwa mereka mencari berbagai versi tentang penyebab kecelakaan ini.

Kantor-kantor berita Rusia melaporkan bahwa pesawat itu telah diproduksi pada tahun 2017 dan telah diperbaiki pada bulan April tahun ini.

Aeroflot telah lama mengabaikan catatan keselamatan pasca-Soviet yang bermasalah dan sekarang memiliki salah satu armada paling modern di dunia pada rute internasional di mana ia bergantung pada pesawat Boeing dan Airbus.

Para pejabat Rusia ingin Aeroflot untuk membeli lebih banyak Sukhoi Superjets, sebuah pesawat regional, untuk penerbangan domestik guna mendukung industri pesawat terbang sipil negara yang masih baru. Pesawat ini dibangun di Timur Jauh Rusia.

Sukhoi Superjet pernah jatuh di Indonesia pada tahun 2012 dan menewaskan 45 orang di dalam kecelakaan yang dianggap karena kesalahan manusia (human error).

Superjet mulai beroperasi pada 2011 dan merupakan jet penumpang baru pertama yang dikembangkan di Rusia sejak jatuhnya Uni Soviet.

Namun, pesawan jenis ini telah mendapat banyak kekhawatiran sporadis terhadap aspek keselamatan dan keandalannya, termasuk larangan terbang pada Desember 2016 setelah cacat ditemukan di bagian ekor pesawat.

Para pejabat Rusia mengatakan pada hari Minggu bahwa masih terlalu dini untuk membicarakan larangan terbang bagi Superho Sukhoi untuk saat ini.

Pesawat ini sebagian besar digunakan oleh maskapai Rusia seperti Aeroflot, tetapi juga digunakan oleh beberapa operator asing lainnya, termasuk maskapai penerbangan murah dari Meksiko.

Akibat kecelakaan ini, lusinan penerbangan di Sheremetyevo tertunda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler