Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemkot Bandung Kejar Target WTP dengan Bimtek Penilaian Risiko

Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG - Pemerintah Kota Bandung terus mengejar target Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2018 dengan mengembangkan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

Salah satunya dilakukan Inspektorat Kota Bandung yang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penilaian Risiko Perangkat Daerah tingkat Kota Bandung di Auditorium Dada Rosada Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana No. 2, Rabu, (16/5).

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Bandung Dadang Supriatna mengingatkan penerapan SPIP merupakan tanggung jawab bersama mulai dari level pimpinan sampai dengan seluruh jajaran staf di lingkungan Perangkat Daerah.

"Pengendalian, penilaian risiko, pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan dan pengendalian intern harus dilaksanakan, ini menjadi tanggung Jawab Kita bersama" ujarnya.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan SPIP mempunyai lima langkah yang harus dilaksanakan agar mendapatkan nilai WTP, yaitu knowing (pemahaman), mapping (pemetaan), norming (pembangunan infrastruktur), forming (pembentukan), dan performing (peningkatan kinerja).

"Kita baru sampai di proses kedua atau mapping. Kita masih di level angka 1,75 dan masih harus mengejar minimal sampai angka 3 agar bisa WTP, " jelasnya

Dalam kesempatan yang sama Inspektur Pembantu Wilayah 1, Hendrawan Setya mengungkapkan, kegiatan SPIP merupakan salah satu upaya Pemkot Bandung dalam meraih WTP di tahun 2018.

"Kegiatan ini digelar sebagai implementasi dari Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2008, untuk meraih WTP di tahun 2018, Pemkot Bandung melaksanakan Bimtek agar dapat mengakselerasi kinerja satgas SPIP di semua level pemerintahan di lingkungan Pemkot Bandung," kata Hendrawan.

Bimtek SPIP juga sebagai upaya penyebaran informasi untuk pembinaan SPIP dan peningkatan sumber daya manusia dalam kinerja pengendalian keuangan negara yang akuntabel.

"Salah satu syarat WTP adalah meningkatkan maturitas SPIP pada angka 3, sementara sekarang masih di angka 1,75 sehingga perlu kerja keras tahun ini agar bisa mencapai WTP di angka 3," jelas Hendrawan.

Dalam acara Bimtek Ini Turut Hadir Assisten Pemerintahan dan Kesra sekaligus Plt Inspektorat Kamalia Purbani, Assiten Admistrasi Umum Evi S. Shaleha serta Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Barat sebagai narasumber Sholihin serta seluruh perwakilan SKPD di lingkungan Pemkot Bandung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper