Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Para peneliti telah menunjukkan bahwa minum air hangat memiliki beberapa manfaat eksklusif untuk kesehatan Anda. Tubuh manusia memerlukan asupan air setidaknya 7 sampai 8 gelas air setiap hari untuk kesehatan tubuh.

Menurut pengobatan China dan India kuno, memulai hari dengan segelas air hangat membantui sistem pencernaan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Minum air hangat juga bahkan bisa membuat Anda merasa rileks.

Sebagian orang minum air hangat setiap hari sebagai obat kesehatan holistik. Air hangat adalah pengatur tubuh alami dan meminumnya setiap hari bisa menjadi langkah mudah menuju kesehatan yang sehat.

Berikut 10 manfaat kesehatan dari meminum air hangat di pagi hari seperti dilansir Boldsky;

1. Meredakan sinus

Uap dari air hangat bisa membawa kelegaan dari sakit kepala sinus. Menghirup uap akan melonggarkan sinus yang tersumbat karena Anda memiliki membran mukosa di leher Anda, minum air panas akan mencegah terbentuknya lendir.

2. Melancarkan pencernaan

Minum air hangat setiap hari di pagi hari akan menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan Anda.

Saat air hangat melewati perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dengan baik dan mampu menghilangkan kotoran lebih cepat. Ini bertindak sebagai pelumas yang membuat pencernaan Anda tetap berjalan.

3. Menenangkan sistem saraf

Minum air hangat akan menenangkan sistem saraf pusat. Orang yang juga menderita radang sendi bisa minum air hangat untuk menenangkan sistem saraf mereka.

4. Meredakan sembelit

Sembelit adalah masalah umum yang banyak dialami orang. Minum segelas air hangat akan membantu usus untuk berkontraksi dan mengeluarkan kotoran lama dari tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Mulailah pagi hari dengan segelas air hangat dan lemon untuk metabolisme tubuh Anda, yang memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Air hangat juga membersihkan usus Anda dan mencegah kembung dalam tubuh, sehingga menyingkirkan lemak berlebih.

6. Melancarkan sirkulasi darah

Setelah hari yang panjang melelahkan, mandi air hangat juga memberi Anda perasaan santai. Hal ini karena air hangat membantu organ peredaran darah Anda untuk memperluas dan membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh Anda. Aliran darah sehat mencegah risiko penyakit kardiovaskular.

7. Membersihkan racun

Saat Anda minum air hangat setiap hari atau Anda mandi air hangat, sistem endokrin tubuh Anda akan aktif dan mulai berkeringat. Keringat ini mungkin tidak nyaman bagi Anda; tetapi penting untuk menyingkirkan racun dan menghilangkannya dari tubuh.

8. Membantu tidur lebih cepat

Minum air hangat meningkatkan aliran darah ke jaringan, memungkinkan otot untuk rileks, ini bisa membantu dengan segala macam rasa sakit akibat nyeri sendi hingga kram menstruasi.

Juga, jika Anda mengalami kesulitan tidur, cobalah minum air hangat, karena akan membantu Anda untuk tertidur lebih cepat.

9. Mengurangi stres

Jika akhir-akhir ini Anda merasa tertekan, minum air hangat bisa untuk mengurangi stres. Kortisol adalah hormon stres yang menyebabkan stres pada Anda.

Efek air hangat membuat Anda lebih rileks dan menenangkan, sehingga mengurangi tingkat stres Anda.

10. Hidrasi

Minum air hangat akan membuat tubuh Anda terhidrasi. Menghidrasi tubuh itu penting, karena tubuh perlu air. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan peningkatan denyut jantung, mual, kelelahan dan sakit kepala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper