Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sepatu USA 'Soreang' Mulai Diterima Konsumen

Berawal dari keprihatinannya terhadap bisnis UKM perajin sepatu kulit asal Soreang, Kab Bandung, Utis Sutisna seorang PNS di Sekretariat DPRD Kab Bandung berhasil mengembangkan produk sepatu kulit yang mulai diminati masyarakat meski mengusung merk sendiri 'USA'.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Oktober 2016  |  16:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SOREANG - Berawal dari keprihatinannya terhadap bisnis UKM perajin sepatu kulit asal Soreang, Kab Bandung, Utis Sutisna seorang PNS di Sekretariat DPRD Kab Bandung berhasil mengembangkan produk sepatu kulit yang mulai diminati masyarakat meski mengusung merk sendiri 'USA'.

USA merupakan singkatan dari Utis Soreang Asli Original Kab Bandung dengan spesialisasi produk sepatu kulit berkualitas setara dengan berbagai merek ternama dunia tercipta dari tangan-tangan terampil warga Kabupaten Bandung dan cukup diminati masyarakat.

Sepatu USA tak terlepas dari kerja keras Utis yang terus menerus mempromosikan sepatu hasil karyanya bersama para perajin sepatu di Kampung Mandalagirang. Apalagi, tugasnya di Sekertariat DPRD sebagai penerima tamu mempermudah usahanya memasarkan produk.

"Sambil melaksanakan tugas, saya juga coba tawarkan kepada mereka. Selain kepada para anggota DPRD yang datang dari luar daerah, sepatu ini juga saya pasarkan kepada teman-teman sesama PNS di Pemkab Bandung. Karena kualitasnya bisa menyamai produk-produk ternama, namun dengan harga jauh lebih murah, mereka banyak yang tertarik dan memesan,"katanya, kepada wartawan, Minggu (23/10/2016).

Ia tertarik dengan keterampilan para perajin sepatu di kampung itu. Para perajin disana, kata dia, terbiasa menerima pengerjaan berbagai jenis sepatu, sandal kulit untuk pria dan wanita, dari berbagai produsen dengan merek ternama di Indonesia.

Secara keahlian, kata Utis, para perajin sepatu di Soreang ini, tak kalah dengan produk sejenis yang lebih dulu eksis. Bayangkan saja, berbagai merek sepatu ternama, biasa mereka kerjakan. Tentunya dengan kualitas yang menyamai dari merek-merek sepatu kulit dari produsen besar baik dalam maupun luar negeri. Maka tak heran, kalau selama ini para perajin itu dipercaya mengerjakan berbagai jenis sepatu kulit oleh beberapa pemilik merek ternama itu.

Sayangnya, karena hanya menerima pesanan dari berbagai produsen sepatu ternama, akhirnya, kata dia, para perajin ini,tetap saja sulit berkembang. Bahkan, untuk menambah permodalan saja, mereka tak memiliki akses pada lembaga keuangan resmi seperti perbankan.

Sekalipun sepatu kulit bermerek USA ini jauh lebih murah ketimbang merek ternama yang biasa dijajakan di berbagai toko sepatu ternama di Indonesia. Utis biasa menjual dari mulai harga Rp 150.000-750.000. Karena harga yang terjangkau dengan model dan kualiatas menyamai produk sepatu kulit ternama, penjualan sepatu USA terus menggeliat. Berbagai pesanan dengan beragam model pun terus mengalir.

"Mau menyerupai sepatu merek apapun bisa kami kerjakan, tapi tentunya dengan merek kami sendiri yakni USA. Kan kalau pakai merek orang lain, itu namanya pembajakan merek dagang,"katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis jabar
Editor : Yanto Rachmat Iskandar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top