Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Petilasan Kramat di Kota Cirebon Jadi Magnet Penarik Wisatawan

Bisnis-jabar.com, CIREBON— Tempat persinggahan (petilasan atau makom) Sunan Kalijaga di Kalijaga Wuluh Kota Cirebon Jawa Barat, menjadi magnet penarik wisatawan yang sengaja melakukan ziaran (wisata ziarah) karena menyakini tempat tersebut merupakan tempat kramat.

Bisnis-jabar.com, CIREBON— Tempat persinggahan (petilasan atau makom) Sunan Kalijaga di Kalijaga Wuluh Kota Cirebon Jawa Barat, menjadi magnet penarik wisatawan yang sengaja melakukan ziaran (wisata ziarah) karena menyakini tempat tersebut merupakan tempat kramat. Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon Hayat mengatakan wisata ziarah mengalahkan jumlah pengunjung di sejumlah tempat kuliner atau sarana wisata lainnya seperti wisata bahari. Dia menuturkan label kramat pada tempat petilasan dan sejumlah makam santri pengikut Sunan Kalijaga begitu melekat di benak masyarakat baik yang tinggal di Cirebon maupun luar Cirebon. “Label kramat di Kalijaga Wuluh membuat banyak orang penasaran untuk berkunjung, bahkan yang sudah berkunjung pun memiliki keinginan kembali mengunjungi Kalijaga Wuluh,” katanya, Selasa (19/11/2013). Hayat mengungkapkan dalam waktu mendatang promosi wisata di Kota Cirebon khususnya wisata ziarah akan lebih ditingkatkan karena besarnya daya tarik wisata ziarah bagi sebagian besar masyarakat. “Wisata ziarah dilakukan pengujung yang hanya ingin sekedar mengetahui sejarah, bahkan ada pula yang melakukan ritual ibadah agar mendapat berkah,” ujarnya. (k3/ija)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Maman Abdurahman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper