Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Farhan Beberkan PR Kota Bandung Soal Optimalisasi Potensi Pertumbuhan Ekonomi Lokal

Pemerintah Kota Bandung harus menjalankan kolaborasi triple helix antara pemerintah, pelaku industri atau pengusaha, dan juga para akademika.
Bakal Calon Wali Kota Bandung dari Partai NasDem, Muhammad Farhan
Bakal Calon Wali Kota Bandung dari Partai NasDem, Muhammad Farhan

Bisnis.com, BANDUNG — Bakal Calon Wali Kota Bandung dari Partai NasDem, Muhammad Farhan menilai Kota Bandung memiliki potensi besar untuk terus meningkatkan pertumbuhan ekonominya.

Hanya saja, ia menilai, Pemerintah Kota Bandung harus menjalankan kolaborasi triple helix antara pemerintah, pelaku industri atau pengusaha, dan juga para akademika.

Pasalnya, kecepatan realisasi investasi menjadi kunci sehingga kolaborasi yang kuat antara sektor dapat mempercepat proses ini dan memastikan bahwa potensi investasi dapat diwujudkan secara efisien.

“Pertama pemerintah tentunya harus memberikan kepastian hukum melakukan penegakan peraturan yang ada sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tidak menyulitkan pelaku usaha,” kata Farhan.

Kedua, kata dia, sektor akademisi yang selama ini dinilai masih kurang dilibatkan dalam berbagai kebijakan pemerintahan yang ada. 

Bahkan tidak jarang saat ini akademisi ini hanya dipersepsikan sebagai tukang kritik tanpa solusi. Hal ini tentu sangat disayangkan di tengah banyaknya perguruan tinggi berkualitas yang ada di Kota Bandung.

“Padahal akademisi tidak akan bisa memberikan solusi apabila tidak diberikan ruang untuk mereka melakukan penelitian atau riset. Untuk itulah kami, saya dan Kang Erwin memiliki tugas untuk mencarikan dana-dana riset dari bantuan-bantuan luar agar perguruan tinggi bisa melakukan riset untuk solusi Kota Bandung,” ujarnya.

Helix ketiga, Bandung sebagai kota yang memiliki potensi besar di sektor perdagangan, pariwisata/MICE, dan industri kreatif, sudah pasti memerlukan sinergi yang kuat dengan para pelaku industri atau pengusaha yang ada, untuk menawarkan berbagai proyek strategis menarik minat investor. 

“Dengan model triple helix ini diharapkan kedepannya industri dalam ini adalah para pengusaha, kedepannya bisa mendapatkan kepastian hukum, mendapatkan feeding dari kita semua akademisi dan sektor publik tentang apa yang bisa dilakukan di Bandung.” 

Farhan menegaskan model triple helix bukan hanya teori, melainkan strategi praktis yang telah terbukti meningkatkan daya saing ekonomi. 

Dalam kesempatan tersebut, Farhan juga berkomitmen jika nantinya terpilih menjadi Wali Kota Bandung, akan memprioritaskan pengembangan potensi lokal untuk memperkuat ekonomi regional dan menciptakan iklim investasi yang lebih baik.

Senada dengan Farhan, Bakal Calon Wakil Wali Kota Bandung, Erwin menekankan pentingnya kolaborasi berbagai pihak untuk mengoptimalkan potensi Kota Bandung.

“Ada empat pilar dalam kehidupan ini supaya suatu wilayah bisa makmur pertama keberadaan para ulama, kedua adilnya para pemimpin insyaallah itu semua ada di Kang Farhan, dermawannya orang kaya ini para pengusaha harus dermawan, keempat doanya orang fakir. Kalau empat pilar ini sinergi kita yakin bisa menjadi negara yang makmur dalam setiap bidangnya, baik bidang sosial, budaya, politik, ekonomi, pendidikan maupun hak asasi manusia,” pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper