Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMILU 2024: Gagal ke Senayan, PPP Sukses Raup 6 Kursi DPRD Jabar

Suara partai berlambang Kakbah ini tidak memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4%.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, BANDUNG--Berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) gagal lolos ke Senayan.

Suara partai berlambang Kakbah ini tidak memenuhi ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4%. Pada Pemilu 2024 ini PPP hanya memperoleh suara 5.878.777 atau 3,873%. 

Meski begitu PPP masih mampu meraih kursi di DPRD Jawa Barat. Berdasarkan hasil pleno rekapitulasi suara tingkat provinsi oleh KPU Jawa Barat, PPP memperoleh enam kursi dari 15 daerah pemilihan (Dapil). 

Plt. Sekretaris DPW PPP Jabar Zaini Shofari mengatakan, partainya masih banyak dicintai warga Jawa Barat, sehingga mampu meraih enam kursi legislatif.

"Pileg 2024 ini, PPP Jawa Barat menuntaskannya dengan meraih enam kursi DPRD Jabar. Mengalami kenaikan 100% dibanding Pileg 2019. Sebanding dengan raihan suara sebanyak 1.163.771 pemilih," katanya, Kamis (21/3/2024). 

Perwakilan PPP di DPRD Jawa Barat berasal dari enam Dapil yang berbeda-beda. Adapun mayoritas yang akan mengisi kursi legislatif tingkat provinsi ini diisi oleh wajah-wajah baru.

Dari enam caleg yang lolos ke DPRD Jawa Barat, Zaini sendiri mendapatkan satu kursi dari Dapil Jabar XI yang meliputi Kabupaten Sumedang, Majalengka, Subang. 

"Dengan seluruh muka baru, insyaallah legislator PPP Jawa Barat terpilihi ini diharapkan lebih bertenaga, visioner dan merakyat," katanya. 

Zaini berharap, enam kursi yang diraih partainya di DPRD Jawa Barat akan menjadi niatan yang tulus untuk memperbaiki bangsa, khususnya di Jawa Barat. 

Berikut daftar Caleg DPRD Jabar terpilih dari PPP: 

1. Zaini Shofari (Dapil Jabar XI) 
2. Muhamad Romli (Jabar VI) 
3. Dedi Damhudi (Jabar V)
4. Arief Maoshul Affandy (Jabar XIII)
5. Aten Munajat (Jabar XIV)
6. Uden Dida Effendi (Jabar XV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler