Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Tahun Baru, Kawasan Kota di Sumedang Bakal Dipercantik

Jelang tahun baru 2024, kawasan Sumedang kota akan dipercantik oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang.
Kabupaten Sumedang/Bisnis
Kabupaten Sumedang/Bisnis

Bisnis.com, SUMEDANG -- Jelang tahun baru 2024, kawasan Sumedang kota akan dipercantik oleh Pemerintah Kabupaten Sumedang. 

Penjabat (PJ) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumedang Tuti Ruswati mengatakan hal ini dilakukan untuk mewujudkan Sumedang Kota Buludru, Hurung, Herang, Hariring. 

Penataan kawasan perkotaan mulai dari Bundaran Binokasih, Alun-Alun Sumedang, Taman Kota, Bundaran Adipura dan Perkantoraan. Kemudian jalan protokol mulai Jalan Prabu Geusan Ulun sampai Jalan Mayor Abdurhaman serta Jalan Prabu Gajah Agung sampai Jalan Tadjimalela.

Tuti meminta untuk penataan kota bisa dilaksanakan mulai Rabu (1/11/2023). "Namun berdasarkan hasil kesepakatan, kami akan memulai pada hari Jumat untuk menata kota sekaligus gerakan Jumat Bersih," kata Tuti, dikutip Selasa (31/10/2023). 

Menurutnya, Pemkab Sumedang akan dibuatkan surat edaran terkait teknisnya yang rencananya akan disebarkan kepada BUMN dan BUMD. 

"Saya harap dengan gerakan yang dimulai pada tanggal 1 November ini Sumedang Hurung, Herang, Hariring bisa terwujud sehingga akhir tahun menjelang tahun baru Sumedang memiliki wajah baru, semakin cantik," katanya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Yosef Suhayat mengatakan selain mewujudkan Sumedang Kota Buludru juga supaya Sumedang memiliki kualitas lingkungan hidup yang bersih, teduh dan berkelanjutan melalui penataan ruang terbuka hijau dan pengelolaan sampah. 

“Untuk penataan kawasan perkotaan ini kerja sama SKPD, BUMN, BUMD dan kelompok Masyarakat,” kata Yosef. 

Menurutnya, teknis penataan kawasan perkotaan itu dilakukan dengan pengecatan kantin, pemeliharaan blumbak dan tanaman hias, penambahan pot bunga, pemeliharaan atau pengadaan sarana bermain anak, pemeliharaan elemen dan ornament taman, penempatan tempat sampah, pemeliharaan dan pemasangan PJU serta peningkatan vegetasi.

Yosef menyebutkan penataan kota dimulai dari Bundaran Binokasih, Alun-Alun Sumedang, Taman Endog, Bundaran Alamsari Tugu Adipura dan perkantoran. Kemudian Jalan Prabu Geusan Ulun, Jalan Mayor Abdurahman, Jalan Prabu Gajah Agung dan Jalan Tadjimalela. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper