Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hindari Kemacetan, Ridwan Kamil Minta Pemudik Tidak Berangkat Malam Hari

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau pemudik asal Jabar untuk tidak memilih berangkat mudik pada malam hari menghindari kemacetan di perjalanan.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau pemudik asal Jabar untuk tidak memilih berangkat mudik pada malam hari menghindari kemacetan di perjalanan.

Ridwan Kamil mengatakan masyarakat agar memilih perjalanan pada waktu siang hari guna menghindari kepadatan volume kendaraan.

"Mengingat pada tahun lalu, masyarakat memilih perjalanan pada malam hari," katanya dalam sambutannya pada apel pasukan pengamanan Lebaran 2023 di Gedung Sate, Bandung, Senin (17/4/2023).

Menurutnya tahun ini potensi pergerakan pemudik se-Indonesia, tak terkecuali di Jabar, diprediksi akan meningkat hingga 45 persen.

"Tahun lalu, ada sekitar 85,5 juta pemudik dan tahun ini diprediksi meningkat hingga 123,8 juta pemudik di seluruh Indonesia," katanya.

Sebagai antisipasi, Polri bakal menerapkan skenario salah satunya melalui contraflow di KM 47-KM 72 Tol Cikampek. Dari KM 72 Tol Cikampek hingga KM 414 Tol Kalikangkung nantinya akan diterapkan one way untuk memperlancar arus kendaraan pemudik.

Karena itu dia meminta agar pemudik melakukan perjalanan jauh-jauh hari sebelum hari H lebaran dan dilakukan pada siang hari.

"Kepada pemudik, pilih waktu-waktu yang baik dan jangan dipepetkan ke hari H. Tahun lalu banyak yang mencoba malam hari sehingga terjadi kemacetan luar biasa. Maksimalkan mudik di siang hari, jadi harus pikirkan dan diseimbangkan," tuturnya.

Dia juga meminta warganya yang hendak berpergian menggunakan motor supaya bisa mengutamakan keselamatan saat di perjalanan.

"Buat pemudik kendaraan bermotor, kami imbau jangan bawa beban berlebihan. Dan harus diutamakan keselamatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper