Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arus Mudik: Tak Bisa Asal Belok, 78 U-Turn di Jalur Arteri Karawang Ditutup

Saat ini jalan nasional dan arteri yang ada di wilayah hukumnya masih menjadi andalan sebagai jalur favorit pemudik.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, KARAWANG - Polres Karawang telah melakukan serangkaian persiapan guna mendukung kelancaran pelaksanaan arus mudik Lebaran 2023. 

Kasat Lantas Polres Karawang AKP Ld Habibi Ade Jama menuturkan sampai saat ini jalan nasional dan arteri yang ada di wilayah hukumnya masih menjadi andalan sebagai jalur favorit pemudik. Sehingga, perlu dilakukan persiapan yang matang guna mendukung kelancaran mudik.

"Salah satu persiapan yang telah kami rancang, yakni dengan menutup puluhan titik putaran kendaraan (U-turn) yang terdapat di sepanjang jalur arteri," ujar Habibi dalam keterangannya, dikutip Senin (10/4/2023). 

Ld Habibi menjelaskan, hasil pemetaan jajarannya di jalur arteri yang menjadi lintasan pemudik ada sedikitnya 78 U-Turn. Adapun alasan jika putaran ini dibuka selama arus mudik dan balik lebaran dikhawatirkan malah jadi pemicu kemacetan. 

Dia menjelaskan, di wilayah ini ada tiga jalur yang biasa digunakan untuk mudik. Pertama, tentu ruas Tol Jakarta-Cikampek. Kemudian, jalur nasional (arteri) dari mulai perbatasan Karawang-Bekasi, yakni Tanjungpura-Karawang kota-Cikampek yang mengarah ke Pantura. Lalu, jalur alternatif sepeda motor dari Tanjungpura-By Pass-Krasak-Cikalong (perbatasan Subang).

"Untuk U-Turn ini kebanyakan di jalur arteri dari mulai perbatasan Karawang-Bekasi, yakni Tanjungpura-Karawang kota-Cikampek yang mengarah ke Pantura. Bagi warga sekitar, harus memerhatikan putaran mana saja yang ditutup agar tidak terjebak kemacetan," tegas dia.

Dia menambahkan, penutupan U-Turn mulai diberlakukan hari ini 10 April 2023 hingga 2 Mei 2023. Dengan demikian, warga yang ingin memutar balik harus mencari putaran yang dibuka oleh petugas.

"Tenang saja, tidak semua putaran kita tutup. Karena, ada putaran yang tetap buka juga," ujar Habibi.

Adapun putaran kendaraan yang tetap buka selama arus mudik dan balik lebaran di wilayah Karawang jumlahnya ada 8 titik. Yaitu, di Bundaran Kepuh, Bundaran Charles, Bundaran Masari. Kemudian, Bundaran Pancawati (Kanzen), Bundaran Depo Pertamina, putaran SPBU Casandra, putaran Gamon, dan putaran SPBU Jatisari. (K60)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Asep Mulyana
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper