Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ke Jepang, Dony Ahmad Munir Paparkan Peluang Investasi Sektor Pariwisata Sumedang

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir memastikan pihaknya membuka peluang kerja sama dengan Pemerintah Tokyo, Jepang di bidang pariwisata dan perdagangan. 
Kunjungan kerja ke Tokyo bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya.
Kunjungan kerja ke Tokyo bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Bisnis.com, SUMEDANG - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir memastikan pihaknya membuka peluang kerja sama dengan Pemerintah Tokyo, Jepang di bidang pariwisata dan perdagangan. 

Hal tersebut disampaikan Dony dalam keterangan resmi kepada Bisnis, Selasa (7/3/2023) saat melaksanakan kunjungan kerja ke Tokyo bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Wali Kota Bogor Bima Arya.

"Hal ini kami lakukan sebagai usaha agar bidang pariwisata bisa bangkit setelah pandemi Covid-19," ucap Bupati. 

Tidak hanya itu, Bupati menegaskan kerja sama di bidang perdagangan, khususnya UMKM akan terus ditingkatkan dan diimbangi dengan produk-produk yang baik. 

"UMKM tetap akan menjadi perhatian kami. Ini juga akan dikerjasamakan, karena UMKM harus meningkat dan harus diimbangi oleh kualitas produk masing-masing, baik itu dari Indonesia ataupun Jepang," ujarnya. 

Dalam pertemuan tersebut, Bupati juga mendapatkan kesimpulan bahwa Pemerintah Daerah harus memperhatikan prospek ekonomi dan risiko yang dihadapi. 

"Kita juga harus lakukan isasi kebijakan dan mempertimbangkan dampak jangka panjang pandemi, serta memperkuat stabilitas sektor keuangan untuk mendorong pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," katanya. 

Sementara itu, Gubernur Tokyo Koike Yuriko mengingatkan mengenai empat pilar IPEF (Indo Pacific Economy Framework) yakni trade, supply chain, dan clean economy yang harus dipenuhi dalam kerja sama perdagangan. 

"Diharapkan empat pilar ini menjadi kerangka yang kuat untuk menyeimbangkan antara supply chain dan investasi agar lebih adil dan memberikan keuntungan bagi negara-negara anggotanya yang merupakan kerangka kerja sama yang sangat penting bagi Indonesia," ujarnya. 

Menurutnya, kawasan Indo Pasifik merupakan kawasan strategis dalam perekonomian dan keamanan global. 

"Hal ini menarik Amerika Serikat dan Uni Eropa untuk memperkuat hubungan mereka dengan kawasan ini," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper