Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Industri Logistik, Klub Logindo Jabar Perkuat Kolaborasi

Tahun 2023 ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan kinerja bisnis logistik.
Ketua DPD Klub Logindo Provinsi Jawa Barat Amalia Hasanah
Ketua DPD Klub Logindo Provinsi Jawa Barat Amalia Hasanah

Bisnis.com, BANDUNG - Klub Logindo berkomitmen untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi untuk memperkuat ekosistem bisnis logistik di 2023 ini. 

Ketua Umum DPP Klub Logindo Susilo Basuki mengatakan pihaknya akan membentuk terobosan-terobosan baru untuk mendorong pertumbuhan bisnis logistik tanah air. 

"Melihat situasi bisnis logistik yang seperti ini dan dunia juga tidak masalah. Klub Logindo harus hadir untuk memberikan terobosan-terobosan baru, bagaimana memperjuangkan teman-teman bisnis sehingga lebih kuat dalam berkaloborasi," jelasnya usai Musyawarah Daerah di Kota Bandung, Rabu (22/2/2023). 

Menurut Susilo, 2023 ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan kinerja bisnis logistik. Pasalnya, kebijakan yang saat ini dibuat pemerintah sudah berangsur memberikan kemudahan. 

"Kami dari struktur logististik transportasi suporting siap menghadapi rebon sekuat apapun kami sanggup. Kerja logistik transportasi kami siap bekerja 24 jam," jelasnya. 

Soal isu resesi, pihaknya pun optimistis Indonesia bisa melalui hal tersebut kalaupun terjadi. Mengingat, Indonesia memiliki pengalaman berharga saat menghadapi Pandemi Covid-19. 

"Sebagai pelaku bisinis skala nasional rasanya tidak perlu khawatir karena kita lebih kuat melihat itu. Situasi dunia apapun rasanya Indonesia tidak pernah ada masalah seperti itu, tapi kita harus optimis, kalau kita pesimis malah kita tidak melakukan apa-apa itu yang bahaya," jelasnya.

Untuk lebih memperkuat diri menghadapi isu tersebut, pihaknya menilai perlu adanya penguatan kolaborasi dan kerja sama antar lini bisnis logistik di Indonesia.

"Prinsipnya kita harus berkolaborasi, kerja tidak bisa sendiri-sendiri seluruh lini bisnis logistik di indonesia harus bergandengan tangan," imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Ketua DPD Klub Logindo Provinsi Jawa Barat Amalia Hasanah mengatakan pihaknya mendorong pemerintah untuk menyederhanakan proses perizinan pelaku industri untuk mendorong pertumbuhan bisnis logistik. 

"Saya juga selaku ikatan ekspor dan importir, dalam segi perizinan, memberikan masukan yang diterbitkan oleh instansi pembuat kebijakan. Karena dengan lamanya proses perizinan ekspor dan impor sangat berpengaruh terhadap kelancaran tranportasi dan logistik," jelasnya. 

Dengan sinergi antara pemerintah dan pelaku usaha, ia meyakini akan mempercepat proses pertumbuhan bisnis logistik tanah air. 

"Jika tidak ada sinergi pemerintah dengan pelaku usaha. tidak akan ketemu-ketemu terus biaya logistik tidak akan efisien," jelasnya. (K34) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper